Megapolitan

114 Bidang Lahan Warga Terdampak Proyek BORR

Redaktur:
114 Bidang Lahan Warga Terdampak Proyek BORR - Megapolitan

Ilustrasi Foto

indopos.co.id - Sejumlah lahan bakal terkena dampak pembangunan megaproyek Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIIA. Salah satunya di Desa Parakanjaya, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku pengelola jalan Tol BORR mengaku mengucurkan dana Rp 1,5 triliun untuk pembebasan lahan di Desa Parakanjaya, Kecamatan Kemang.

Meskipun terdampak namun persentasenya tidak lebih dari 10 persen dari total lahan yang digunakan untuk jalan sepanjang 2,85 kilometer yang membentang mulai dari Simpang Yasmin hingga Simpang Semplak.

Pimpinan Produksi PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Leona Roedhianitasari menjelaskan, sampai saat ini rencana pembebasan masih digodok oleh tim appraisal untuk memastikan batas lahan dan bangunan yang terdampak oleh proyek Tol BOR.

”Nanti hasilnya akan diumumkan jika tidak ada keberatan dari masyarakat maka bisa dilanjut ke proses pembayaran bagi warga yang lahannya terdampak di Desa Parakanjaya, Kecamatan Kemang,” jelasnya kepada Radar Bogor, Senin (22/4/2019).

Ia mengaku, masalah pembebasan lahan bakal ditangani Kementrian PUPR. Sebab, di wilayah Kemang tidak semua lahan terdampak. ”Kalau luasannya kita belum tahu angka persisnya karena masih dihitung oleh tim. Target bulan Mei sudah ada pembayaran,” ucapnya.

Senada dikatakan, Camat Kemang Nana Mulyana mengatakan, hingga kini progres pembebasan lahan di wilayahnya masih berjalan, dan masih dalam proses penaksiran harga dari tim appraisal. Untuk tanah yang bakal dibebaskan keperluan proyek yang direncanakan rampung Desember 2019 ini.

”Progres masih berjalan, sekarang lagi proses penaksiran harga (tanah yang akan dibebaskan, red) dari tim appraisal. Kalau luasan mungkin bisa dilihat ke Badan Pertanahan Nasional (BPN),” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Parakanjaya Deni Firmansyah menuturkan, untuk luas lahan yang bakal dibebaskan sekitar 3 ribu meter dan rata-rata yang terdampak bangunan di pinggir jalan karena fokus ke pelebaran jalan terlebih dahulu.

”Ada 114 bidang dan warga kondusif, malah antusias menunggu pembayaran, karena pengadaannya ada di BPN, untuk saat ini masih tim appraisal,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, paling cepat bulan Mei sudah ada pembayaran bagi warga yang terdampak proyek tersebut.
”Rata-rata bangunan yang terdampak paling dapat satu warga sekitar 10 sampai 20 meter wilayah bakal tergerus yakni RT 01/04, 02/03 RT 03, dan 03/02 hanya sebagian kecil. Mungkin untuk selanjutnya bisa kembali mengajukan tapi tahap berikutnya,” pungkasnya. (nal/c)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Proyek BORR Dilanjut, Biaya Konstruksi Rp 1,5 T

Megapolitan / Lanjutan Proyek BORR Gusur Ratusan Rumah


Baca Juga !.