All Sport

Zohri Dapat Apresiasi dari Kampung Halaman

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Zohri Dapat Apresiasi dari Kampung Halaman - All Sport

Lalu Muhammad Zohri. Charlie Lopulua/INASGOC/INDOPOS

indopos.co.id – Apresiasi atas capaian Lalu Muhammad Zohri di nomor 100 meter Kejuaraan Atletik Asia 2019 di Doha, Qatar, Senin (22/4/2019) waktu setempat, terus mengalir. Kali ini dari kampung halamannya. "Mantap, dua kali Zohri berhasil pecahkan rekor nasional dalam semalam. 10,15 detik di semifinal dan 10,13 detik di final," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Nusa Tenggara Barat Husnanidiaty Nurdin di Mataram, Selasa (23/4/2019).

Sprinter asal Lombok Utara kelahiran 1 Juli 2000 ini mencetak rekor baru nasional dalam laga pertandingan lari 100 meter di Kejuaraan Atletik Asia 2019 di Doha, Qatar. Rekor baru ini terpecahkan setelah 10 tahun lamanya dipegang Suryo Agung Wibowo yang mencatat waktu 10,17 detik, ketika berlaga dalam ajang SEA Games 2009 di Laos.

Dalam laga final pertandingan 100 meter yang digelar Senin (22/4/2019) waktu setempat, Zohri menduduki peringkat kedua setelah pesaingnya dari Jepang, Yoshihide Kiryu, lebih dulu menyentuh garis akhir.

Dikutip dari laman International Association of Athletics Federations (IAAF), Zohri yang akrab disapa "Badok" ini dikabarkan hampir berhasil meraih kemenangannya.
Namun dalam dua langkah terakhir dengan jarak tiga meter dari garis finis, pelari Yoshihide Kiryu berhasil mendahuluinya dan mengakhiri pertandingan dengan mencetak waktu 10,10 detik."Walaupun belum juara, tapi sabar, Zohri masih muda, masih bisa mengejar senior-seniornya pada kejuaraan berikutnya. Tetap berlatih dan tetap semangat," kata Nurdin.

Itu diungkapkannya ketika menghubungi Zohri melalui telepon seluler dari Mataram. Dalam perbincangannya, Nurdin turut menyampaikan ucapan terima kasih dari Zohri untuk masyarakat yang sudah mendoakan dan membantunya berjuang dalam ajang Kejuaraan Atletik Asia 2019 di Doha, Qatar.

"Zohri sangat berterima kasih sekali kepada seluruh masyarakat yang sudah mendukung dan membantunya sampai berhasil memecahkan rekor nasional," ucap Nurdin.

Seperti diberitakan, Zohri mempertajam rekor nasional (rekornas) nomor 100 meter di Kejuaraan Atletik Asia 2019 di Doha, Qatar, Senin (22/4/2019) waktu setempat. Dia juga sukses merebut medali perak pada kejuaraan tersebut.

Berdasarkan data dari PB PASI yang dipantau media dari Jakarta, Selasa (23/4/2019), Zohri pada partai final mampu membukukan catatan waktu 10.13 detik atau lebih cepat dari pencapaian di babak semifinal yaitu 10.15 detik. Adapun rekornas sebelumnya adalah 10.17 detik.

Zohri pada babak final berada di line 3 menjalani start dengan cukup bagus dibandingkan sebelumnya. Bahkan juara dunia junior 2018 mampu memimpin meski akhirnya disalip sprinter Jepang yang berikutnya meraih emas, Yoshihide Kiryu dengan waktu 10.10 detik. Untuk posisi tiga direbut pelari Tiongkok, Zhiqiang Wu dengan 10.18 detik. (ant)

Berita Terkait

All Sport / Asa untuk Zohri, Bisa Tembus 9 Detik

All Sport / Asa untuk Zohri, Bisa Tembus 9 Detik

All Sport / Asa untuk Zohri, Bisa Tembus 9 Detik

All Sport / Asa untuk Zohri, Bisa Tembus 9 Detik

All Sport / Asa untuk Zohri, Bisa Tembus 9 Detik

All Sport / Rekornya Dipecahkan Sprinter Muda Zohri, Ini Kata Suryo Agung


Baca Juga !.