Headline

Banyak Penyelenggara Pemilu yang Meninggal, Bawaslu Kaji Pemilu Serentak

Redaktur: Ali Rahman
Banyak Penyelenggara Pemilu yang Meninggal, Bawaslu Kaji Pemilu Serentak - Headline

Ketua Bawaslu RI Abhan, saat jumpa pers di kantornya, Selasa (23/4/2019). Foto: Deri Ahirianto/INDOPOS

indopos.co.id - Banyaknya penyelenggara pemilihan umum 2019 yang meninggal, menjadi perhatian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Wasit pesta demokrasi itu bakal mengkaji pemilu serentak Pilpres dan Pileg 2019. Yakni apakah penyelenggaraan pemilu selanjutnya, gelaran Pilpres perlu dipisah dengan Pileg atau tidak.

Pasalnya, dengan adanya pemilu serentak pada 2019, beban penyelenggara pemilu, seperti di Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), menjadi lebih berat. Hingga banyak diantara mereka yang meninggal dunia.

"Evaluasi seperti apa akan kami sampaikan nanti. Penyelenggara pemilu yang meninggal ada 91 orang petugas KPPS. Di kami juga ada, ini menjadi catatan kami terkait pemilu serentak," ujar Ketua Bawaslu RI Abhan, di kantornya, Selasa (23/4/2019).

Selain ada yang meninggal, ratusan petugas KPPS juga sakit usai melaksanakan tugasnya. Selain penyelenggara pemilu, sejumlah anggota kepolisian juga ada yang gugur dalam tugas. "Hal itu menjadi perhatian kami untuk mengevaluasi Pemilu serentak," pungkasnya. (dai)

 

Berita Terkait


Baca Juga !.