Mencium Pakaian Pasangan Dapat Membuat Anda Lebih Bahagia

indopos.co.id – Bau dan pakaian dari orang yang dicintai dapat memiliki efek menenangkan yang kuat. Menurut klaim sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology.

Mereka menguji 96 wanita yang diminta untuk secara acak mencium salah satu dari tiga aroma, yaitu pasangan pria, orang asing atau aroma netral. Mereka yang menghirup aroma pasangannya cenderung mengalami pengurangan hormon stres, sementara mereka yang dipaksa mengendus orang asing mengalami hal sebaliknya. Studi tersebut menyebutkan bahwa mengendus pakaian bekas pasangan memiliki efek menenangkan.

Apakah ini juga berpengaruh pada pria? Psikoterapis dan psikolog, Peter Klein mengatakan tidak terlalu. Anda mungkin sering mendengar seorang wanita mengenakan T-shirt pasangan, tetapi anda jarang mendengar seorang pria mengenakan T-shirt pasangannya. Penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki indra penciuman yang lebih baik dan pria lebih terstimulasi secara visual, sehingga pria akan lebih mungkin mengalami pengurangan stres dengan melihat pakaian pasangan mereka.

“Seberapa dekat perasaan seorang perempuan terhadap pasangan prianya, seberapa banyak oksitosin yang dia alami ketika mereka bersama atau seberapa bahagianya ia dalam hubungan itu juga akan memengaruhi seberapa nyamannya perempuan tersebut menemukan aroma pakaian pasangannya,” kata Klein seperti dilansir the Guardian.

Bagaimana dengan seorang perempuan di Bristol yang telah menawarkan GBP 15.000 kepada seorang desainer yang bisa membuat replika gaun pengantin ibunya yang meninggal di tahun 1953, juga memasukkan beberapa rambut ibunya sebagai kenang-kenangan khusus? Perempuan tersebut mulai mengumpulkan rambut ibunya empat tahun sebelum ia meninggal.

“Ini kedengarannya seperti mengambil gagasan tentang sesuatu yang lama dan meminjamnya secara ekstrem, yang bisa dianggap mengerikan, tetapi mungkin baginya itu merupakan bagian dari sesuatu yang konstruktif (proses berduka),” kata psikoterapis Toby Ingham. “Bau bisa sangat kuat dan untuk sementara waktu mengganggu rantai asosiasi dan pengalaman yang membentuk stres. Mereka sepertinya mengoperasikan semacam hotwire khusus untuk menyimpan perasaan dan ingatan kita. ”

Tetapi sebelum anda mulai menimbun pakaian kotor dari orang yang anda cintai atau menarik rambut dari kepala mereka, pertimbangkanlah untuk melakukan sebuah panggilan telepon sederhana. Penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford menemukan bahwa anak-anak segera ditenangkan dengan mendengar suara ibu mereka, sementara penelitian sebelumnya terhadap remaja menemukan bahwa hanya dengan mendengar suara ibu mereka dapat melepaskan oksitosin, hormon bahagia. (fay)

Komentar telah ditutup.