Indosport

Gubernur Sulteng Harap Porprov Jadi Tolok Ukur Prestasi di  PON

Redaktur: Heryanto
Gubernur Sulteng Harap Porprov Jadi Tolok Ukur Prestasi di  PON - Indosport

Kontingen Atlit Kabupaten Poso ke ajang Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) VIII di Parimo, Sulteng secara resmi dilepas oleh Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu. Foto: internet

indopos.co.id - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H Longki Djanggola berharap Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII yang diselenggarakan di Kabupaten Parigi Moutong, 23 April 2019 sebagai tolok ukur menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

“Setiap atlet yang berlaga di Porprov harus menjunjung tinggi sportivitas sebagai olahragawan dan mampu mengukir prestasi terbaik bagi daerah masing-masing,” katanya saat membuka Porprov VIII yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong, Selasa petang (23/4/2019).

Gubernur mengatakan kegiatan ini merupakan ajang olahraga empat tahunan yang dilaksanakan sebagai wadah untuk mengukur prestasi atlet di masing-masing kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng.

Selain itu, juga untuk menjaring atlet-atlet berprestasi yang mampu mengangkat prestasi di PON mendatang. Sulteng, lanjutnya, pada PON di Papua bertekad untuk mengubah peta prestasi dari peringkat bawah pada PON XIX 2016 naik ke posisi lebih terhormat.

Untuk bisa mewujudkan tekad tersebut tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi melalui kerja keras dari semua pihak terkait, termasuk peran KONI dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota, para pelatih dan keseriusan atlet sendiri dalam mengikuti pembinaan dan latihan secara terprogram dan berkesinambungan.

Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim antar-kontingen, baik ofisial, atlet, para wasit, dan juri dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulteng. "Di sini kita bisa saling kenal satu sama lain. Di sini juga para atlet bisa menunjukkan prestasi cemerlang guna mengharumkan nama daerah masing-masing,” ungkapnya.

Tetapi, yang sangat diharapkan dari Porprov ini, lanjut dia, adalah melahirkan atlet berprestasi untuk mewakili Sulteng dari cabang olahraga masing-masing guna mengikuti berbagai kejuaraan tingkat nasional, termasuk babak kualifikasi PON XX yang berlangsung pada tahun ini.

Para atlet berprestasi akan dipilih untuk mengikuti prakualifikasi sekaligus merebut tiket PON yang juga dilaksanakan setiap empat tahun sekali seperti Porprov.

Ketua Panitia Porprov VIII yang juga Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai dalam laporannya mengatakan Porprov diikuti 13 kabupaten dan kota yang ada di provinsi ini. Semua kabupaten/kota di Sulteng pada Porprov kali ini ikut serta mengirimkan atlet-atlet terbaiknya.

Jumlah atlet yang berlaga di even tersebut sekitar 2.000 orang dari 24 cabang olahraga, lima cabang diantaranya hanya eksebisi. Jadi,Porprov VIII di Kabupaten Parigi Moutong hanya mempertandingkan 19 cabang olahraga, antara lain dayung, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, karate, pencak silat, sepak takraw, bola voli, voli indor, tinju, atletik, judo,anggar dan kempo,

Sementara cabang eksebisi antara lain renang, panahan, dan balap sepeda. Tuan rumah Kabupaten Parigi Moutong yang menurunkan jumlah atlet paling banyak pada Prprov VIII bertekad untuk sukses pelaksana dan prestasi.”Kami optimistis bisa meraih medali paling banyak dan menjadi juara umum," kata H Badrun Nggai. (ant)

TAGS

Berita Terkait

Total Sport / Kans Bali dan NTB jadi Tuan Rumah PON 2024 Terbuka Lebar

Total Sport / Aceh-Sumut Pede Terpilih Tuan Rumah PON 2024

Total Sport / Aceh dan Sumut Deklarasikan Tuan Rumah PON 2024

Indosport / SK PON Remaja Dicabut

Indosport / Maklumi Fisik Atlet Menurun

/ Menpora Ngotot Gusur Lapangan Tenis GBK


Baca Juga !.