Daerah

Ini Pusat Gempa yang Guncang Daruba, Maluku Utara

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Ini Pusat Gempa yang Guncang Daruba, Maluku Utara - Daerah

Ilustrasi bmkg Foto: net

indopos.co.id - Gempa terjadi lagi. Kali ini di Daruba, Morotai Selatan, Pulau Morotai, Maluku Utara. Gempa magnitudo 5,2 skala richter dengan pusat gempa 31 kilometer barat laut Daruba-Maluku Utara. Terjadi pada pukul 09.17.20 WIB, Rabu (24/4/2019), dengan kedalaman 100 kilometer.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami."Tidak ada informasi kerusakan, hanya dirasakan seperti di Tobelo," kata Staf Operasional Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Sandy.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 4,3 skala richter mengguncang Sorong, Papua Barat, Selasa (23/4/2019), pukul 14.15 WIT. Namun tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sorong, gempa bumi itu berlokasi pada 0.56 derajad lintang selatan dan 131.33 derajad bujur timur berjarak 35 km timur laut Sorong dengan kedalaman 62 km.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi tersebut merupakan jenis dangkal akibat tumbukan lempeng. Perjalanan gempa bumi itu dapat dirasakan di wilayah Sorong. Warga yang berada di bangunan bertingkat dapat merasakan getaran.

Gempa ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami. Hingga saat ini belum dilaporkan kerusakan yang timbul akibat gempa tersebut. (ant/zul)

 

 

Berita Terkait

Nasional / Hari Ini, Jakarta Cerah Berawan

Daerah / Kabupaten Sumba Barat Diguncang Gempa

Headline / Gempa Bumi Tektonik M5,9 Mengguncang Pangandara

Daerah / Waspadai Gelombang Tinggi di Samudra Hindia

Daerah / Cuaca Ekstrem Ancam Lampung


Baca Juga !.