Megapolitan

40.419 Lansia Dapat Bantuan

Redaktur:
40.419 Lansia Dapat Bantuan - Megapolitan

PEDULI - Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan kepada lansia sebesar Rp 600 ribu per bulan. Foto: Dok/INDOPOS

indopos.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus meningkatkan jumlah penerima manfaat Kartu Lansia Jakarta (KLJ). Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan, manfaat kartu lansia diberikan kepada warga ibu kota yang berusia di atas 60 tahun.

Apalagi tidak lagi memiliki penghasilan tetap atau masuk kategori kelompok tidak mampu. ”Mereka (lansia, Red) ini tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan dasar. Secara fisik dan psikologi mereka memiliki masalah,” ujar Anies Baswedan di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Anies menuturkan, manfaat kartu lansia juga menyasar para lansia yang memiliki penyakit menahun atau sudah tidak bisa lagi melakukan aktifitas. Program kartu lansia, menurut Anies merupakan bagian penghormatan kepada orang tua di Jakarta. ”Kita harus hormat dan hargai para lansia, termasuk di dalamnya memenuhi kesejahteraannya,” ungkapnya.

Anies menyebutkan, bantuan sosial melalui kartu lansia diberikan rutin setiap bulan. Besaran bantuan sosial tersebut Rp 600 ribu. ”Mereka, penerima manfaat bisa menerima bansos setiap triwulan, dan diambil melalui bank,” ucap Anies.

Pada 2019 ini, dikatakan Anies bansos melalui kartu lansia dilakukan menyasar 40.419 orang lansia. Sementara anggaran untuk bansos tersebut sebesar Rp 291 miliar. Pengelolaannya, menurut Anies oleh Dinas Sosial DKI Jakarta. ”Kami minta dinas sosial bisa bekerja sama dengan PKK untuk terus mendata para lansia yang masih belum menerima manfaat dari kartu lansia,” tutur Anies.

Lebih jauh Anies mengungkapkan, untuk membantu para lansia, khususnya mereka yang berkebutuhan khusus Pemprov DKI telah menyiapkan para pendamping. Para pendamping ini, menurut Anies terus diawasi. Harapannya, para pendamping ini bisa secara optimal membantu para lansia. ”Kami serius ingin membuat para lansia di Jakarta hidup lebih mudah. Dengan memenuhi smeua kebutuhan dasar mereka,” ucap Anies.

Perlu diketahui, para penerima bantuan sosial dari KLJ terdaftar di Basis Data Terpadu (BDT). Syarat terdaftar di BDT harus masuk desil 1 atau status sosial atau ekonomi terendah. Lansiapenerima KLJ juga harus berdomisili di DKI Jakarta. (nas)

Berita Terkait

Megapolitan / Biaya Pengobatan Ditanggung Pemprov DKI

Megapolitan / Pasar Rawa Belong Direvitalisasi, Pedagang Galau

Megapolitan / Kuasai Kebon Sirih, Koalisi Adil Makmur Konsisten Kritik Anies

Megapolitan / Antisipasi Tawuran dan SOTR, Pemprov DKI Gencarkan Patroli


Baca Juga !.