Megapolitan

Nah Loh, Kamera Tilang Elektronik Ditambah

Redaktur: Darul Fatah
Nah Loh, Kamera Tilang Elektronik Ditambah - Megapolitan

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyosialisasikan program penambahan unit kamera tilang elektronik dari Pemprov DKI Jakarta. Khususnya di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

Sosialisasi dilakukan agar para pengendara paham dan bisa terus meningkatkan tertib lalu lintas di kawasan tersebut. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusuf mengatakan, sistem tilang elektronik mulai diuji coba pada Senin (1/10/2018) lalu. Sangat berdampak positif.

Berdasarkan data pelanggaran lalu lintas di lokasi yang terpasang sistem itu, secara berangsur-angsur mengalami penurunan hingga 44,2 persen selama 4 bulan masa uji coba. "Tercatat di Jakarta telah dilakukan sejumlah 6.125.726 penindakan pelanggaran, yang artinya dalam sehari rata-rata telah terjadi sekitar 2.800 penindakan pelanggaran lalu lintas," kata Yusuf.

Ke-12 kamera tambahan yang dipasang guna menunjang program itu adalah kamera canggih yang nantinya bisa merekam pengendara yang kecepatannya berlebih, pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman, serta pengendara yang hilang konsentrasi karena memainkan telepon genggam.

Sehingga, kata dia, penindakan tidak hanya pada pengendara yang menerobos lampu merah dan melanggar marka jalan saja, seperti yang dilakukan kamera sekarang. Namun demikian, pihaknya tak merinci lokasi kamera akan dipasang karena bila dibeberkan para pengendara hanya akan tertib di titik yang dipasang kamera saja. (ant)

Berita Terkait

Megapolitan / Tenang… PMJ Terjunkan Timsus Antibandit

Megapolitan / Soal Temuan C1, PMJ Tunggu Rekomendasi Bawaslu

Megapolitan / Hari Ini, Operasi Pekat Dimulai

Nasional / Polisi Buru Pelaku Pengrusakan saat May Day

Megapolitan / Canggih, Inilah Kemampuan Kamera Tilang Elektronik


Baca Juga !.