Lifestyle

Ajak Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Redaktur: Ali Rahman
Ajak Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks - Lifestyle

Siloam Hospitals Sriwijaya mengadakan diskusi kesehatan 'Kenali dan Cegah Kanker Serviks'. Hal ini dilakukan untuk mengajak wanita agar lebih peduli dengan kanker serviks, di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (25/4/2019).

indopos.co.id - Siloam Hospitals Sriwijaya mengadakan diskusi kesehatan 'Kenali dan Cegah Kanker Serviks'. Hal ini dilakukan untuk mengajak wanita agar lebih peduli dengan kanker serviks.

"Setiap 1 jam ada satu wanita meninggal karena kanker serviks. Lalu ada 26 wanita setiap harinya meninggal karena kanker serviks dan ada 58 kasus baru kanker serviks terjadi setiap hari," ungkap dr. Monica A Susanti, SP.OG (K) yang merupakan dokter kebidanan dan kandungan-konsultan obstetri sosial RS Siloam Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (25/4/2019).

Dengan didampingi Weny Ramdiastuti sebagai moderator, dr. Monica mengimbau agar masyarakat, khususnya para wanita terbiasa melakukan pencegahan melalui deteksi dini.

"Untuk pencegahan bisa dilakukan sejak dini mulai dari usia 9 tahun dengan vaksinasi HPV. Lalu untuk yang dewasa bisa melakukan pup smear, " tuturnya.

Sementara itu, Hospital Direktur Siloam Hospitals Sriwijaya, dr Bona Ferndando menambahkan, ide talkshow yang tidak biasa itu, yakni dilakukan dalam gerbong LRT ditujukan sebagai upaya 'jemput bola' untuk pencegahan kanker serviks.

"Penyuluhan akan pentingnya deteksi dini harus disebarkan seluas-luasnya kepada publik. Caranya dengan mengambil perhatian masyarakat melalui fasilitas layanan publik. Ini tentu menarik perhatian masyarakat," ungkapnya.

Untuk diketahui, kanker serviks paling banyak mengenai wanita dengan usia 36-55 tahun. Di Indonesia lebih dari 70 persen pasien datang sudah dalam stadium lanjut dan paling banyak dialami wanita dalam tingkat stadium 3. (mdo)

Berita Terkait


Baca Juga !.