Nasional

Banyak Petugas Pemilu Wafat, Ini Kata Mendagri

Redaktur: Darul Fatah
Banyak Petugas Pemilu Wafat, Ini Kata Mendagri - Nasional

PEMERINTAH – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto; dok.indopos

indopos.co.id – Banyaknya petugas pemilu yang meninggal dunia akan menjadi salah satu poin evaluasi oleh pemerintah. Demikian ditegaskan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. "Saya sebagai mendagri dan atas nama pemerintah sangat prihatin banyaknya musibah, wafatnya, sakitnya anggota KPPS dan anggota Polri serta TNI wafat karena tanggung jawab yang berat di lapangan. Hal Ini tentunya akan menjadi catatan evaluasi pemerintah setelah selesainya Pileg-Pilpres Serentak 2019 ini," kata dia di Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Menurut Tjahjo, pelaksanaan pemilu serentak, mulai dari persiapan, kampanye hingga hari pemungutan suara, dapat berjalan lancar berkat peran dan partisipasi seluruh pihak. Sedikitnya 285 petugas penyelenggara pemilu meninggal dunia dalam menjalankan tugas. Sebanyak 230 di antaranya merupakan petugas KPPS dan 55 lainnya adalah pengawas.

Ratusan petugas pemilu tersebut diduga mengalami kelelahan ketika bertugas di hari pemungutan suara, hingga proses penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) dan kecamatan. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Sofyan Jacob Ditetapkan Tersangka

Nasional / Kivlan Zen Ajukan Penangguhan Penahanan ke Menhan

Nasional / Mabes Polri Ungkap Benda-benda Mematikan Aksi 21-22 Mei

Nasional / Mendagri: ASN Bolos Kena Skorsing, Dipotong Tunjangan

Nasional / Aksi Dugaan Makar Seret Mantan Kapolda Metro


Baca Juga !.