Megapolitan

Kendalikan Banjir di Jakarta, Anies Beberkan Solusi Ini

Redaktur: Ali Rahman
Kendalikan Banjir di Jakarta, Anies Beberkan Solusi Ini - Megapolitan

ilustrasi banjir di Jakarta

indopos.co.id - Salah satu solusi untuk pengendalian banjir di Jakarta salah satunya adalah dengan membangun lebih banyak kolam-kolam retensi (dan) waduk.

"Solusi pengendalian banjir salah satunya membangun kolam-kolam retensi dan waduk. Sehingga air dari hulu bergerak ke Jakarta secara lebih terkontrol," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Dijelaskannya salah satu sumber banjir di Jakarta karena aliran debit air yang besar dari hulu. Kemudian sebab yang kedua adalah meningkatnya permukaan air laut, karena itu juga penyebab banjir.

"Caranya adalah dengan meneruskan pembangunan tanggul di pesisir Jakarta. Lalu yang ketiga adalah terkait dengan banjir akibat hujan di dalam kota," kata Anies.

Pada beberapa wilayah di Jakarta, tanahnya mampu menyerap air, maka di kawasan itu rencananya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun program drainase vertikal untuk tanah - tanah yang bisa menyerap air dengan baik.

Sedangkan sungai - sungai yang ada sekarang akan dibangun tempat - tempat di mana ekosistem sungainya dihidupkan kembali.

"Menghidupkan ekosistem sungai itu supaya airnya jernih, makhluk bisa hidup di sana. Dan kalau makhluk bisa hidup di sana artinya polusi juga rendah, itu yang akan kita lakukan," kata Anies.

Sedangkan untuk naturalisasi sungai tetap dijalankan, bahkan akhir tahun 2019 selesai dan sudah dapat dilihat hasilnya. (ant)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Tim Tata Kelola Air akan Datangi KPK

Megapolitan / Gara-Gara Banjir, Anies dan Ahok Berbalas Pantun

Megapolitan / Berharap Kawasan TOD Memudahkan Angkutan Antarmoda


Baca Juga !.