Megapolitan

Masyarakat Buka Peluang Bisnis Takjil

Redaktur: Darul Fatah
Masyarakat Buka Peluang Bisnis Takjil - Megapolitan

Foto; net

indopos.co.id - Masyarakat memanfaatkan momentum Ramadan 1940 H sebagai peluang bisnis. Seperti warga di Matraman, Jakarta, menyelenggarakan Bazar Ramadan dengan menjajakan hidangan berbuka puasa.

Firman, pedagang makanan di Bazaar Ramadan Matraman, menjual Lemang, makanan khas Sumatera yang terbuat dari beras ketan ketan dan santan dimasukan ke dalam seruas bambu, kemudian di bakar sampai matang. “Saya jual Rp 50.000/batang," kata Firman di tengah-tengah penyelenggaraan Bazar Ramadan Matraman, Jakarta Timur, Senin (6/5/2019).

Selain menjual lemang, Firman juga menjajakan makanan lain. Di antaranya, serabi, lupis, ongol-ongol, dan kelepon. Untuk serabi di jual seharga Rp 10.000 per pasang. Sedangkan kue lupis, ongol-ongol, dan kelepon dijual dengan harga Rp 10.000 per tiga buah.

Pedagang lain yang berjualan di Bazaar Ramadan Matraman ini adalah Eko yang berjualan kue kamir khas Pekalongan Jawa Tengah. “Kue sejenis apem, yang terbuat dari tepung beras atau tepung terigu, identik dengan tape,” kata Eko, baru pertama berjualan di Bazar Ramadhan Matraman.

Kemudian Agustina yang merupakan pendatang baru di bazar ini. Dia berjualan karena melihat bazaar di Matraman ini selalu ramai tiap tahun. “Saya baru kali ini jualan disini, katanya ramai jadi saya tahun ini mencoba jualan kalau tahun lalu saya yang jajan,” kata dia.

Agustina menjual es buah, risol, kolak, aneka gorengan dan Lupis Betawi. Lupis Betawi adalah makanan khas Jakarta yang banyak bermunculan saat bulan puasa, terbuat dari ke ketan putih yang disajikan dengan gula merah cair, rasa dari lopis ini manis dan legit.

Agus, salah seorang pengunjung yang baru pertama kalinya ke Bazaar Ramadan Matraman setelah diinformasikan teman-teman kalau ingin ngabuburit sambil mencari takjil bisa ke lokasi ini.

Kegiatan tersebut diadakan di samping Masjid Jami’ Matraman, di Jalan Pegangsaan RT001/RW4, Menteng, Matraman, Jakarta Pusat. Bazaar ini buka selama Ramadan, sejak pukul 15.00 WIB. (ant)

Berita Terkait

Kesra / Begini Panduan untuk Nilai Zakat Fitrah

Lifestyle / Tips Olahraga selama Puasa Ramadan

Megapolitan / Kedapatan SOTR, KJP Dicabut

Megapolitan / Jenazah Balita Ditemukan di TB Simatupang

Ekonomi / UAI Berbagi Kebahagiaan dengan Kaum Duafa dan Anak Yatim


Baca Juga !.