All Sport

Tes MotoGP Jerez, Quartararo Tercepat, Marquez Pakai Livery Baru

Redaktur: Heryanto
Tes MotoGP Jerez, Quartararo Tercepat, Marquez Pakai Livery Baru - All Sport

Pebalap Tim Repsol Honda Marc Marquez. foto: twitter Tim/antara

indopos.co.id - Pebalap Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha SRT kembali menjadi pebalap tercepat sekaligus memperbaiki rekor waktu putaran di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Spanyol ketika sesi tes resmi MotoGP berlangsung, Senin (6/5/2019) waktu setempat.

Setelah Jerez, pawai balapan MotoGP akan dilanjutkan di Sirkuit Le Mans, Prancis pada 19 Mei. Quartararo, peraih pole position termuda di MotoGP itu, mencatatkan waktu 1 menit 36,376 detik, atau lebih cepat 0,418 detik dari pesaing terdekatnya Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol).

Lama resmi MotoGP menyebut, pebalap asal Prancis itu tidak menjalani tes komponen tertentu kecuali hanya update garpu internal. Dengan garpu baru dia mampu melesat setengah detik lebih cepat dari waktu yang dia catatkan ketika meraih pole position di balapan GP Spanyol, akhir pekan lalu.

Rekan satu tim Quartararo, Franco Morbidelli finis dengan waktu ketiga terbaik, 1 menit 37,093 detik, ketika menguci paket aerodinamika Yamaha terbaru, yang tadinya hanya dimiliki oleh pebalap tim pabrikan Yamaha musim ini. Pebalap KTM Factory Racing Pol Espargaro finis keempat.

Pebalap Yamaha lainnya, Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) menguji sejumlah komponen elektronik terkait bukaan gas. Pebalap Spanyol itu melahap 84 putaran di sesi tes dan finis kelima. Sedangkan rekan satu timnya, Valentino Rossi melakukan pengujian koneksi throttle dan finis ke-16.

Di kubu Honda, Marc Marquez (Repsol Honda Team) turun dengan motor pebalap uji Stefan Bradl. Juara dunia bertahan itu mencetak waktu personal terbaiknya di atas motor RC213V dengan livery baru serta sasis berbalut serat karbon dengan 1 menit 37,260 detik untuk finis P7.

Rekan satu tim, Jorge Lorenzo juga menjalani sesi uji resmi untuk lebih membiasakan diri dengan motor Honda. Juara dunia lima kali itu menjalani total 91 lap, finis ke-9 tercepat sebelum mengakhiri sesi uji hari itu dengan mencium gravel di Tikungan 7. Sebelumnya dia juga terjatuh di Tikungan 6.

Sementara Cal Cruthlow melakukan pengujian elektronik kopling yang membantu pebalap Inggris itu dalam setup start. Cruthlow menyelesaikan 78 lap untuk finis kedua tercepat, sedangkan rekannya, Takaaki Nakagami (LRC Honda Idemitsu) finis ke-10 sebelum terjatuh di Tikungan 3 di akhir sesi.

Pol Espargaro hari itu disibukkan dengan pengujian suku cadang sasis, seting sasis, dan suku cadang mesin motor KTMnya. Manajer tim Mike Leitner, setelah hari yang produktif itu, mengungkapkan jika mereka harus menunggu hingga balapan di Le Mans untuk melihat apakah suku cadang yang mereka uji membuat perbedaan atau tidak.

Pebalap KTM lainnya, Johann Zarco finis ke-16. Sementara tim Red Bull KTM Tech 3 melakukan pengujian knalpot spesifikasi pabrikan.

Di tim Suzuki, pebalap rookie Joan Mir (Suzuki Ecstar) finis keenam tercepat ketika melakukan pengujian seting baru yang lebih cocok dengan gaya membalapnya. Pebalap asal Spanyol itu sempat terjatuh di Tikungan 9.

Rekan satu timnya, Alex Rins, menguji debut komponen lengan ayun versi Suzuki yang ia patahkan ketika tergelincir keluar trek. Runner-up sementara klasemen pebalap itu menyelesaikan 69 lap dan finis P8, 0,896 detik dibelakang Quartararo.

Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) finis ke-11 dengan 1 menit 37,601 detik, tercepat di antara pebalap Ducati lainnya. Dia dan rekannya, Danilo Petrucci menguji perubahan setup yang tidak ingin dilakukan oleh tim ketika di pekan balapan kemarin.

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini Andrea Iannone, yang mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas Sabtu, mencoba menunggangi motornya namun cederanya terlalu parah dia bahkan tak mampu menyelesaikan satu pun flying lap.

Rekan satu timnya, Aleix Espargaro, menyelesaikan 80 putaran untuk menguji suku cadang baru Aprilia. Pebalap uji Bradley Smith juga turun untuk menguji motor Aprilia sejauh 82 putaran. (ant)


10 besar pebalap tercepat di sesi tes resmi Jerez:
1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) – 1:36,379
2. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 0,418
3. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,714
4. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,735
5. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,847
6. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,854
7. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,881
8. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,896
9. Jorge Lorenzo (Repsol Honda Team) + 1,087
10. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 1,089

 



 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.