Feature

Penjualan Beduk Meningkat di Bulan Ramadan

Redaktur: Ali Rahman
Penjualan Beduk Meningkat di Bulan Ramadan - Feature

Pedagang beduk di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: Deri Ahirianto/INDOPOS

oleh: Deri Ahirianto

Bulan suci Ramadan membawa berkah buat pedagang beduk. Misalnya mereka yang berjualan di sepanjang Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang Jakarta Pusat. Permintaan untuk alat musik tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan.

"Menjelang dan selama Ramadan ini, permintaan beduk meningkat dibanding biasanya. Saat ini banyak warga yang membeli beduk," ujar Syamsul, pedagang beduk di Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019).

Menurutnya warga yang membeli beduk tidak hanya kalangan pengusaha saja. Namun juga komunitas ataupun perorangan. "Kalau perusahaan, biasanya dibagusin lagi. Di sini mereke beli bahannya saja. Kawasan Tanah Abang, sejak dulu memang dikenal juga pusat penjualan beduk," beber Syamsul.

Adapun untuk perorangan, biasanya untuk acara membangunkan sahur. Yang biasa dilakukan warga Jakarta, dengan menggunakan beduk. Ataupun untuk Takbiran.

"Harga beduk yang besar Rp 600 ribu. Ini belum termasuk aksesoris untuk penyangga beduknya, yang seharga Rp 200 ribu. Kemudian untuk beduk yang kecil Rp 150 ribu dan sedang Rp 200 ribu. Belum termasuk aksesoris  empat bedug sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu," beber Syamsul.

Sementara itu, Diding, pengrajin beduk mengatakan, penjualan beduk memang meningkat saat ini. "Menjelang lebaran, nanti juga semakin banyak permintaan beduk," ujarnya.

Diding yang sudah 10 tahun jadi pengrajin, membuat beduk di tempat lokasi penjualan. Di sepanjang Jalan KH Mas Mansyur memang tampak berjejer penjual beduk. Menariknya para pembeli beduk tidak hanya berasal dari Jakarta. Namun juga luar Jakarta dan Jawa.

Menurut Syamsul, penjual beduk, itu karena Tanah Abang juga dikenal sebagai tempat penjualan beduk. "Pembelinya tidak hanya dari Jakarta. Tapi banyak juga dari luar kota," pungkasnya. (*)

 

 

Berita Terkait


Baca Juga !.