Daerah

Banjir dan Longsor Ancam Wilayah Utara Indonesia

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Banjir dan Longsor Ancam Wilayah Utara Indonesia - Daerah

BAHAYA - Ilustrasi tanah longsor. FOTO: IST

indopos.co.id - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Rivo Pudihang, Sulawesi Utara meminta masyarakat setempat untuk mewaspadai bencana banjir dan tanah longsor.

"Kami minta masyarakat waspada terhadap ancaman bencana banjir dan tanah longsor akibat hujan," kata Rivo Pudihang di Tahuna, Sabtu (11/5/2019). Menurut dia, hujan deras yang mengguyur kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, sejak pagi harus diwaspadai agar terhindar dari bencana, terutama mereka yang tinggal di wilayah rawan bencana.

"Masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai serta dekat perbukitan agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam," kata dia. Dia mengatakan, Kabupaten Sangihe merupakan salah satu daerah rawan bencana, khususnya banjir dan dan tanah longsor.

Dia juga mengimbau pemerintah kampung dan kelurahan agar memantau kondisi alam di wilayah masing-masing. "Kalau hujan tidak berhenti dalam beberapa jam, sebaiknya pemerintah setempat segera mengevakuasi masyarakat di wilayah rawan bencana ke tempat yang lebih aman," kata dia.

Dia juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah kampung dan kelurahan serta instansi terkait terhadap situasi yang ada di Sangihe. "Koordinasi dengan semua pihak terus kami lakukan guna memantau situasi yang terjadi di wilayah Kepulauan Sangihe serta mengambil langkah yang diperlukan," kata dia. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Sungai Meluap, Kampung Kalong Dagul di Kabupaten Bogor Banjir

Internasional / Hujan Lebat di Tiongkok Selatan Tewaskan 16 Orang

Headline / Hujan Lebat Tenggelamkan 69 Desa di Sultra

Nasional / Lebaran Berakhir, Banjir Datangi Tiga Kecamatan


Baca Juga !.