Lifestyle

Temukan Cara Kendalikan Emosi Anda

Redaktur: Ali Rahman
Temukan Cara Kendalikan Emosi Anda - Lifestyle

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - Marah adalah perasaan yang normal dan bisa menjadi emosi positif jika itu dapat membantu anda melalui masalah baik di rumah ataupun di kantor. Bagaimanapun, amarah dapat jadi bermasalah jika itu mengarah pada agresivitas, emosi yang meledak-ledak, atau bahkan pertengkaran fisik.

Dilansir Healthline, mengendalikan amarah sangat penting untuk membantu anda menghindari ucapan atau tindakan yang akan anda sesali nantinya. Sebelum amarah anda meningkat, anda dapat menggunakan beberapa cara berikut untuk mengendalikan amarah anda.

1. Hitung mundur

Hitung mundur dari angka 10. Jika anda benar-benar marah, mulailah dari angka 100. Di saat Anda berhitung, detak jantung Anda akan melambat dan rasa marah akan mereda.

2. Tarik nafas

Nafas anda akan menjadi lebih pendek dan lebih cepat ketika anda marah. Balikkan keadaan itu dan amarah anda dengan menarik nafas dalam-dalam melalui hidung anda dan keluarkan melalui mulut anda untuk beberapa saat.

3. Berjalan-jalan

Olahraga dapan menenangkan urat saraf anda dan mengurangi rasa marah. Berjalan-jalanlah atau kendarai sepeda anda. Apapun yang membuat tubuh anda bergerak sangat baik untuk pikiran dan tubuh anda.

4. Rilekskan otot Anda

Rileksasi otot progresif dengan menegangkan dan perlahan-lahan mengendurkan berbagai kelompok otot di tubuh anda satu per satu. Saat anda menegangkan dan mengendurkan otot anda, ambil nafas dalam dan perlahan.

5. Ucapkan mantra

Temukan sebuah kata atau ungkapan yang dapat menbuat anda tenang dan fokus. Ulangi kata itu lagi dan lagi pada diri anda ketika marah. Tenang, santai saja, dan semua akan baik-baik saja adalah beberapa contoh yang baik.

6. Lakukan peregangan

Regangkan leher dan bahu anda adalah contoh gerakan yoga ringan yang baik dan dapat membantu anda mengontrol tubuh dan menekan emosi anda.

7. Mainkan lagu

Biarkan musik membuang perasaan marah anda. Pasang headphone atau speaker anda dan nyalakan musik favorit anda dapat mengusir amarah.

8. Jangan berbicara

Ketika anda marah, anda akan tergoda untuk mengucapkan kata-kata kemarahan, tetapi hal itu hanya akan merugikan anda. Tutup rapat-rapat mulut anda ketika anda marah. Waktu tanpa berbicara ini dapat mengumpulkan pikiran anda.

9. Luangkan waktu

Hal pertama yang muncul di benak anda ketika marah kemungkinan bukanlah hal yang harus anda katakan. Beri diri anda waktu yang ditentukan sebelum anda merespons. Waktu ini akan membantu anda menjadi lebih tenang.

10. Latih respon anda

Cegah amarah dengan melatih apa yang akan anda katakan atau bagaimana anda akan menghadapi masalah di masa depan. Periode latihan ini memberi anda waktu untuk bermain peran untuk beberapa solusi.

11. Ubah rutinitas anda

Jika perjalanan pulang-pergi anda yang lambat membuat anda marah bahkan sebelum minum kopi, cari rute baru. Pertimbangkan pilihan yang mungkin memakan waktu lebih lama tetapi pada akhirnya tidak membuat anda terlalu kesal.

12. Berbicara pada teman

Jangan berlarut dalam hal yang membuat anda marah. Bantu diri anda memproses apa yang terjadi dengan berbicara dengan teman yang tepercaya dan suportif yang mungkin dapat memberikan perspektif baru.

13. Tertawa

Tidak ada yang merusak suasana hati yang buruk. Pisahkan kemarahan anda dengan mencari cara untuk tertawa, apakah itu bermain dengan anak-anak anda, menonton stand-up comedy, atau melihat meme.

14. Bersyukur

Luangkan waktu sejenak untuk fokus pada apa yang benar ketika semuanya terasa salah. Menyadari betapa banyak hal baik yang anda miliki dalam hidup anda dapat membantu anda menetralkan amarah dan membalikkan situasi.

15. Pasang pengatur waktu

Berikan waktu untuk anda beristirahat. Jauhkan diri dari orang lain. Dalam waktu yang tenang, anda dapat memproses peristiwa dan mengembalikan emosi netral anda.

16. Bayangkan anda memaafkan mereka
Menemukan keberanian untuk memaafkan seseorang yang berbuat salah pada anda membutuhkan keterampilan emosi yang baik. Jika anda belum sanggup melakukan itu, setidaknya anda dapat menganggap bahwa anda memaafkan mereka, dan anda akan merasakan amarah anda pergi begitu saja.

17. Berlatih empati

Cobalah untuk menempatkan diri anda pada kondisi orang lain dan lihatlah situasi dari perspektif mereka. Ketika anda memandang masalah seperti yang mereka lihat, anda mungkin akan mendapatkan pemahaman baru dan menjadi tidak terlalu marah. (fay)

Berita Terkait


Baca Juga !.