Hukum

Belum Tentu Menpora Itu Bersalah

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Belum Tentu Menpora Itu Bersalah - Hukum

KUAT- Menpora Imam Nahrawi.FOTO:IST

indopos.co.id - Ahli Hukum Pidana Teuku Nasrullah menanggapi maraknya pemberitaan kasus dugaan korupsi dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI 2018. Kasus tersebut diduga melibatkan Menpora Imam Nahrawi sebagai pengambil keputusan.

Menurutnya, framing publik atau media yang seolah menganggap Menpora Imam Nahrawi ikut terseret dalam kasus ini tidak lah tepat. "Publik bisa saja menganggap ini ada pidana, tapi pemetaan hukum terkait apakah keputusan yang diambil oleh menpora itu benar atau tidak, itu harus diuji secara hukum," kata Nasrullah di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Nasrullah melanjutkan, kebijakan yang diambil oleh pengambil keputusan dalam hal ini menpora, terkait dana hibah kepada KONI bisa ada unsur pidana jika keputusan yang diambil itu ada unsur koruptif atau dirancang untuk menguntungkan seseorang. Tapi, jika keputusan yang diambil menpora itu murni karena itikad baik, tapi pada pelaksanaannya ada anak buahnya yang nakal, itu tidak bisa dipidana.

"Biarlah hasil penyidikan aparat penegak hukum yang menyimpulkan apakah menpora bersalah atau tidak secara hukum," imbuhnya. Nasrullah juga berpesan kepada publik dan teman-teman media untuk tidak membuat framing dan terus mengawal proses penegakan kasus hukum ini agar berjalan transparan, objektif dan tidak tebang pilih.

"Kepada publik dan teman-teman media, kawal terus kasus ini dan jangan membuat framing, karena framing itu lebih berat daripada hukum yang sebenarnya. Belum tentu menpora itu bersalah," pungkasnya. (mdo)

Berita Terkait


Baca Juga !.