Lifestyle

Minum Kopi Bisa Sebabkan Jerawat

Redaktur: Ali Rahman
Minum Kopi Bisa Sebabkan Jerawat - Lifestyle

Minum kopi bisa sebabkan jerawat. Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - Kita semua ingin memiliki kulit yang bebas jerawat dan sehat. Namun, karena meningkatnya polusi dan kotoran, kini memiliki kulit sehat menjadi tantangan tersendiri. Tidak hanya kotoran dan polusi, tetapi pola makan kita juga merupakan salah satu alasan utama di balik kulit yang berjerawat itu. Jerawat dapat terjadi kapan saja dan seringkali disertai dengan rasa tidak nyaman. Jika anda sudah mencoba segala cara yang mungkin untuk menghilangkannya tetapi gagal total, maka sudah saatnya bagi anda untuk mengubah pola makan anda.

Konsumsi berbagai makanan seperti produk susu, makanan pedas, roti dan makanan yang digoreng merupakan beberapa dari banyaknya penyebab jerawat. Dan yang mengejutkan adalah, kopi yang begitu lezat, bisa menjadi salah satu alasan di balik jerawat yang tiba-tiba memburuk.

Menurut Praktisi Kesehatan dan Ahli Nutrisi Makrobiotik Dr. Shilpa Arora ND, jerawat dapat diperburuk dengan asupan kopi yang berlebihan. Namun, itu bukan merupakan penyebab utama. Jerawat terutama disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. “Mereka harus menghindari makanan olahan dan gula dalam makanan mereka. Makanlah buah-buahan bersih dan sayuran sehat yang musiman,” kata Dr. Shilpa Arora ND, seperti dilansir NDTV.

Untuk menghindari jerawat yang tidak diinginkan, anda hanya perlu sedikit mengubah asupan kopi. Kopi mengandung sifat kimia yang meningkatkan hormon stres yang cenderung meningkatkan asupan kalori kita dan memicu jerawat. Meskipun stres bukanlah penyebab utama jerawat, tetapi itu bisa memperburuknya.

Seperti kita ketahui bahwa air sangat penting untuk kulit yang tampak sehat, dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah masalah kulit. Menurut Konsultan Ahli Gizi Dr. Rupali Datta kopi adalah diuretik alami. Terlalu banyak kopi dan ditambah dengan makanan yang tidak memadai dapat menyebabkan dehidrasi karena kadar asam cenderung naik. “Semakin tinggi kandungan asam dalam tubuh anda, maka tubuh anda akan semakin terdehidrasi,” kata Dr. Rupali Datta.

Asupan kopi yang berlebih dapat menghilangkan vitamin esensial dan mineral yang larut dalam air dari tubuh, sehingga menyebabkan dehidrasi yang selanjutnya dapat memicu timbulnya jerawat. Ketika proses menghidrasi alami tubuh terhambat, itu juga dapat menimbulkan kembung. Jadi selalu lebih baik untuk membatasi asupan kopi anda untuk mencegah jerawat yang tidak diinginkan. (fay)

Berita Terkait

Kesehatan / Minum Kopi Bisa Turunkan Berat Badan?

Lifestyle / Perut Sedang Kosong, Jangan Minum Kopi!


Baca Juga !.