Internasional

Tiongkok Kirimkan 71 Ton Bantuan Medis untuk Venezuela

Redaktur: Sumber Rajasa Ginting
Tiongkok Kirimkan 71 Ton Bantuan Medis untuk Venezuela - Internasional

KIRIM - Pesawat kargo Tiongkok yang membawa bantuan kemanusiaan tiba di Caracas, Venezuela. Foto: NET

indopos.co.id - Pesawat kedua dari Tiongkok yang membawa pasokan medis termasuk obat-obatan tiba di Venezuela pada Senin (13/5/2019) sebagai bagian dari perjanjian kerja sama teknis kemanusiaan antara pemerintahan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, dan pembangkit tenaga listrik Asia.

Sebuah Boeing 747 yang membawa 71 ton obat-obatan dan peralatan bedah tiba di ibu kota Caracas, menurut pernyataan pemerintah. Bantuan itu termasuk persediaan untuk ibu hamil dan obat-obatan untuk mengobati kondisi pernapasan.

“Dengan pengiriman kedua ini, serta pengiriman yang sudah kami terima dari Federasi Rusia, Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah, sekitar 166 ton obat-obatan dan pasokan telah tiba di negara ini,” kata Menteri Kesehatan, Carlos Alvarado. Kiriman 65 ton bantuan sebelumnya tiba dari Tiongkok pada 29 Maret.

Venezuela yang dilanda krisis telah menderita kekurangan kebutuhan pokok seperti makanan dan obat-obatan setelah lima tahun resesi. PBB mengatakan hampir seperempat dari 30 juta penduduknya sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Negara ini juga tengah dicengkeram oleh krisis politik sejak Januari lalu ketika ketua parlemen, Juan Guaido, menyatakan dirinya sebagai presiden, dalam sebuah tantangan langsung terhadap otoritas Maduro. Ia kemudian dengan cepat menerima dukungan dari lebih dari 50 negara.

Guaido berusaha untuk memaksa persediaan yang dipasok AS dari Kolombia, Brasil, dan Curacao, tetapi militer Venezuela, atas perintah Maduro, mencegahnya melakukan hal tersebut. Maduro menyalahkan sanksi AS untuk masalah Venezuela dan mengklaim mereka telah merugikan ekonomi negara itu sebesar USD 30 miliar.

Bulan lalu, Maduro mengizinkan pengiriman bantuan dari Palang Merah, dan meminta kedua belah pihak yang berseteru dalam perebutan kekuasaan untuk menghindari politisasi masalah tersebut. Duta Besar China untuk Venezuela, Li Baorong, mengatakan dia berharap pengiriman bantuan medis ini akan mengurangi kerusakan yang dilakukan oleh sanksi asing. Pemerintah Maduro didukung oleh Cina dan Rusia, sementara AS mendukung Guaido. (fay)

Berita Terkait

Internasional / Pemimpin Oposisi Venezuela Segera Buka Hubungan dengan AS

Internasional / Perang Dagang Dengan AS, Tiongkok Harapkan Dialog

Internasional / AS Cabut Sanksi untuk Jenderal Penentang Presiden Venezuela

Internasional / Pemungutan Suara di Beijing ”Ngeri-Ngeri Sedap”

Internasional / Pelajar Indonesia Meninggal di Tiongkok, Ini Penjelasan KJRI


Baca Juga !.