Feature

Warga Serbu Takjil di Kampung Ramadan At-Tsauroh Kota Serang

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Warga Serbu Takjil di Kampung Ramadan At-Tsauroh Kota Serang - Feature

NIKMAT- Kampung Ramadan di halaman Masjid Agung At–Tsauroh, Jl Veteran Kota Serang, Banten.FOTO:IST

Setiap hari menjelang buka puasa di bulan Ramadan warga menyerbu Kampung Ramadan yang menjual berbagai jenis takjil. Lokasi tersebut di halaman Masjid Agung At–Tsauroh, di Jl. Veteran Kota Serang, Banten.

Kampung Ramadan tersebut buka dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB setiap harinya. Para penjual makanan yang membuka lapak di lokasi tersebut tidak hanya berasal dari Kota Serang tetapi banyak juga yang dari luar daerah seperti Lampung, Tangerang, Jakarta.

"Saya berjualan di sini karena ya bagi saya ini even yang pas untuk menjual makanan dan kebetulan saya dari Lampung jadi bisa sekalian cari pengalaman baru," kata Siti salah seorang penjual makanan di lokasi tersebut, di Serang, Rabu (15/5/2019).

Ia mengatakan, para penjual menyewa lapak seharga Rp1 juta untuk berjualan selama Ramadan. Para pedagang mengaku tidak rugi dengan menyewa tenda Rp1 juta per bulan karena hasil yang di peroleh sudah lebih dari cukup untuk membayar sewa lapak dan mendapat keuntungan.

Makanan yang banyak digemari dan diincar oleh masyarakat diantaranya makanan khas masyarakat Banten pada bulan Ramadan yakni ketan bintul. Ketan bintul adalah makan yang dibuat dari beras ketan dan ditaburi serundeng serta biasanya dilengkapi dengan sayur daging atau empal dengan harga rata-rata Rp10 ribu per porsi.

"Saya beli ketan bintul ini 10 ribu. Kebetulan memang saya suka aja makanan khas warga Banten," kata Risa salah seorang pengunjung Kampung Ramadan asal Baros Kabupaten Serang. Selain makanan khas Banten ketan bintul jenis makanan lainnya yang dijajakan di Kampung Ramadan tersebut seperti biasanya diantaranya, gorengan, kerupuk, asinan, kue - kue, es campur, siomay dan berbagai makanan dan minuman lainnnya.

Makanan tersebut dijual ratusan pedagang makanan dengan menempati lapak atau tenda yang berjejer sepanjang jalan di halaman Masjid Agung At-Tsauroh Kota Serang. Kegiatan tersebut dilaksanakan hampir setiap tahun selama bulan Ramadan oleh DKM Masjid At-Tsauroh Kota Serang. (*)

Berita Terkait

Feature / Jalan Panjang Kebon Jeruk, Surganya Pedagang Takjil

Ekonomi / Seasons City Kembali Gelar Kampung Ramadan

Indotainment / Ketagihan Buka Puasa dengan Biji Salak

Megapolitan / Pedagang Takjil Disidak

Lifestyle / Oh Ternyata Takjil Begini Artinya

Banten Raya / Bahan Makanan Takjil Kandung Zat Kimia


Baca Juga !.