Megapolitan

Hitung Suara Ulang Hambat Rekapitulasi di Jakarta Timur

Redaktur: Darul Fatah
Hitung Suara Ulang Hambat Rekapitulasi di Jakarta Timur - Megapolitan

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - Penghitungan ulang suara di tingkat kecamatan wilayah Jakarta Timur menjadi salah satu penyebab keterlambatan rekapitulasi suara di tingkatan selanjutnya.

"Memang di setiap kecamatan ada menghitung kembali surat suara di tempat pemungutan suara (TPS)," ujar Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019, Rabu (15/5/2019).

Penghitungan ulang suara, kata dia, terjadi bervariasi di setiap kecamatan. Terbanyak di Kecamatan Makassar, yakni sekitar 17 persen dari seluruh TPS yang ada. "(Kecamatan) Makassar menjadi titik perhatian karena paling sering hitung ulang. Memang belum direkap secara statistik, hanya pemahaman kualitatif saja," kata dia.

Wage menyebutkan setidaknya ada beberapa faktor yang juga menghambat. Yakni, jumlah TPS yang sangat banyak, sehingga petugas di lapangan kewalahan.

Kota Administratif Jaktim merupakan daerah dengan jumlah TPS terbanyak di Provinsi DKI Jakarta. Di wilayah ini ada 8.234 TPS yang mencakup 2.246.279 daftar pemilih tetap (DPT). (ant)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.