Megapolitan

Saksi Partai Golkar Walk Out

Redaktur: Darul Fatah
Saksi Partai Golkar Walk Out - Megapolitan

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019 tingkat Kota Administratif Jaktim yang berlangsung di GOR KNPI juga sempat diwarnai aksi walk out. Saksi dari Partai Golkar bernama Rudi walk out.

Saksi Partai Golkar itu menyoal dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu di Cakung. Meskipun KPU Jakarta Timur menegaskan bahwa kasus itu sudah ditangani.

"Terkait dugaan pelanggaran etik di Cakung, sudah kami follow up, dilakukan pemanggilan dan sudah kami persidangkan. KPU provinsi juga sudah menerima putusan dari kami. Kami tidak membiarkan orang melanggar integritas dan kode etik," tegas Ketua KPU Jakarta Timur Wage Wardana dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2019, Rabu (15/5/2019).

Selain itu, sempat pula ada permintaan dari saksi Partai Perindo untuk pembukaan kotak suara guna mencocokkan data perolehan suara di TPS 162 Pulo Gebang. "Itu kasus khusus dimana mendapatkan angka 19 formulir C1 versi sebelumnya, ketika di PPK dikoreksi jadi 10. Itu chase-nya terjadi akibat penghitungan suara ulang di TPS 162 Pulo Gebang," ungkap Wage.

Penghitungan ulang, kata dia, terpaksa dilakukan karena surat suara yang tercoblos pada gambar partai dan calon anggota legislatifnya dihitung dua kali untuk perolehan suaranya. "Bukan pemungutan suara ulang (PSU), hanya penghitungan suara ulang saja di PPK. Tadi dibuka lagi C1 dan DAA1-nya dan confirm. Data KPU benar," kata Wage. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.