Daerah

Tradisi Muslim di Bali yang Digemari Semua Usia

Redaktur: Darul Fatah
Tradisi Muslim di Bali yang Digemari Semua Usia - Daerah

Foto; net

indopos.co.id - Umat Islam yang tinggal di kawasan Kepaon, Denpasar, Bali, melaksanakan Tradisi Megibung di Masjid Al-Muhajirin. Tradisi tersebut dilaksanakan setelah 10 hari menjalankan ibadah puasa. Ratusan Muslim dari berbagai usia, termasuk anak-anak mengikutinya.

Tradisi Megibung (makan bersama) itu diadakan di masjid. Buka bersama itu dilakukan dengan menu yang sudah disediakan oleh warga, seperti takjil berupa es sirup, kue basah, dan nasi lengkap dengan lauk. Warga tampak bersama-sama menyantap hidangan menu berbuka puasa.

Padani, tokoh masyarakat setempat menjelaskan, Tradisi Megibung bertujuan mempererat tali silaturahim. Selain itu, sebagai rasa syukur sudah mengkhatamkan Alquran dari hari pertama sampai 10 hari, atau khatam dalam 10 hari.

"Jadi, tradisi makan bersama sesuai dengan budaya Bali itu dilaksanakan tiga kali setiap 10 hari dari hari ke-10, hari ke-20 dan hari ke-30 puasa. Tradisi itu sudah dilakukan di sini sejak ratusan tahun lalu," ungkap Padani.

Robi, siswa SD mengaku, selalu mengikuti Tradisi Megibung ini setiap bulan puasa. "Seru ikut Tradisi Megibung ini tiap tahunnya. Terasa enak makan sama teman-teman sewaktu berbuka puasa," kata dia. (ant)

Berita Terkait


Baca Juga !.