Nasional

Kata Eros, Ketegangan Politik Bukan Lagi Persoalan PDIP dan Gerindra

Redaktur: Darul Fatah
Kata Eros, Ketegangan Politik Bukan Lagi Persoalan PDIP dan Gerindra - Nasional

Budayawan Eros Djarot. Foto; net

indopos.co.id - Budayawan Eros Djarot menilai, perlu sikap bijaksana dan dewasa mencermati sikap politik Calon Prssiden Prabowo Subianto yang menolak hasil Pemilu Presiden 2019. "Situasi tegang pascapemilu saat ini bukan lagi persoalan partai-partai politik peserta pemilu, seperti PDI Perjuangan dan Gerindra, tapi sudah meluas," ujar Eros Djarot dalam diskusi di Media Center Cemara, Menteng, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Pendiri Partai Nasionalis Bung Karno (PNBK) ini mengingatkan, lembaga-lembaga negara yang terkait dapat menyikapinya secara cermat dan tidak keliru. "Dikhawatirkan, kalau salah menyikapi, maka Negara Indonesia bisa terbelah," kata dia.

Eros mencontohkan, dahulu Uni Sovyet dan Yugoslavia sama sekali tidak menduga negaranya akan terbelah-belah karena egosentris masing-masing pihak. "Tapi setelah negaranya terbelah, sampai saat ini tidak bisa bersatu lagi," kata dia.

Karena itu, Eros mengimbau semua elit politik untuk membangun kesadaran bersama menjaga persatuan bangsa dan negara. Menurut dia, situasi yang terjadi kini tidak terjadi secara instan, melainkan rangkaian dari akumulasi peristiwa sebelumnya. "Situasi yang terjadi saat ini merupakan dampak dari pilihan-pilihan para elite sebelumnya. Tanpa disadari, pilihan itu membawa pada situasi seperti saat ini," tukas dia. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Sofyan Jacob Ditetapkan Tersangka

Nasional / Kivlan Zen Ajukan Penangguhan Penahanan ke Menhan

Nasional / Mabes Polri Ungkap Benda-benda Mematikan Aksi 21-22 Mei

Nasional / Aksi Dugaan Makar Seret Mantan Kapolda Metro

Politik / Golkar Disebut Jadi Korban Sistem Pemilu


Baca Juga !.