Daerah

Sita Makanan Berformalin dan Boraks

Redaktur: Jakfar Shodik
Sita Makanan Berformalin dan Boraks - Daerah

UJI - Petugas Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan uji laboratorium sampel makanan dan minuman dari pedagang takjil di kompleks Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (10/5). ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/ama.

indopos.co.id - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sumatera Selatan (Sumsel) menemukan sejumlah jenis makanan mengandung formalin dan boraks. Beberapa makanan itu dijual pedagang di Pasar Bedug Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jamak diketahui, formalin dan boraks merupakan zat berbahaya.

”Pada inpeksi mendadak (Sidak) di dua pasar Kabupaten Ogan Komering Ulu kami melakukan pemeriksaan beberapa makanan dijual pedagang. Dan, ditemukan makanan mengandung zat berbahaya,” tutur Kepala Balai Besar BPOM Sumsel, Hardaningsih di Baturaja Ibu kota Kabupaten OKU, Rabu (15/5/2019).

Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan dagangan di Pasar Atas dan Pasar Bedug Baturaja, pihaknya mengambil sample sebanyak 33 jenis makanan untuk diuji di laboratorium. ”Hasilnya, kami menemukan makanan jenis mie basah mengandung formalin,” tegasnya.

Di samping itu, jenis makanan lain yaitu terasi dan kerupuk juga disita dari pedagang. Pasalnya, terasi dan kerupuk tersebut mengandung rodamin dan boraks sebagai zat berbahaya kalau dikonsumsi masyarakat. ”Seluruh makanan yang positif mengandung zat berbahaya dilarang untuk dijual,” ucapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU, Supriono menambahkan Sidak bersama BPOM Sumsel tersebut dilakukan untuk memastikan makanan yang dijual pedagang tidak mengandung zat berbahaya sehingga aman dikonsumsi masyarakat. ”Bagi pedagang yang menjual makanan mengandung zat berbahaya barang dagangannya kami sita. Selanjutnya, pedagang diberikan peringatan tegas agar tidak menjual lagi,” tegas dia. (ant)

Berita Terkait

Daerah / BPOM Sita Pangan-Kosmetik Ilegal

Ekonomi / BPOM Sita Makanan Kadaluwarsa Senilai Rp 3,4 Miliar

Megapolitan / Parah, Tanggal Kedaluarsa kok Diubah

Nasional / Garam Kristal Siap Ekspor

Nasional / 18 Tahun Melayani, BPOM telah Luncurkan 7 Aplikasi Pelayanan Publik

Ekonomi / UU POM Tangkal Produk Ilegal


Baca Juga !.