Daerah

Bandara Kertajati Terbangkan 17 Kloter Jamaah Haji

Redaktur: Jakfar Shodik
Bandara Kertajati Terbangkan 17 Kloter Jamaah Haji - Daerah

MEGAH - Bangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, . (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

indopos.co.id - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka menerbangkan 17 kelompok terbang (Kloter) calon jamaah haji. Untuk skema jumlah per Kloter belum ditentukan. Opsinya tersedia 393 atau 410 tergantung dari maskapai penerbangan.

”Kami masih mematangkan soal angka,” tutur Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) H A Buchori di Bandung, Jabar, Rabu (15/5/2019).

Buchori menuturkan, 17 kloter calon jamaah haji tersebut berasal dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Indramayu. ”Kami menerapkan sistem zonasi,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Buchori meminta Kepala Kemenag lima kabupaten atau kota tersebut untuk segera menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan terutama, mengingatkan kepada keluarga dan kerabat calon jamaah yang hendak mengantar untuk tidak dilakukan secara berlebihan. ”Itu penting, untuk menjaga kelancaran dan keteguhan calon jamaah. Apalagi, daya tampung parkir bandara dan embarkasi perlu diperhatikan,” ingatnya.

Untuk sementara, opsi tempat untuk dijadikan embarkasi belum ditentukan mengingat harus dilakukan survei lanjutan. Namun, kemungkinan besar opsi jatuh pada The Radiant, Kabupaten Cirebon. Itu terungkap pada saat pihak BIJB memaparkan kesiapan bandara sekaligus sarana pendukung.  ”Lokasi embarkasi diarahkan pada tempat yang tidak jauh dari bandara,” tambah Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Iwa Karniwa.

Iwa berharap kolaborasi Pemprov Jabar, dan Kementerian Agama (Kemenag), cita-cita memberangkatkan calon jamaah haji dari Bandara Kertajati dapat terwujud. "Makanya, kami rapat untuk menghadirkan solusi apabila ada hambatan,” tegasnya.

Terkait tambahan pembiayaan penyelenggaraan ibadah haji yang diakibatkan pemindahan embarkasi dan segala faktor di dalamnya, Pemrov Jabar menjamin tidak akan membebankan jamaah. ”Selisih pembiayaan ditanggung oleh kami, yang penting para calon jamaah haji terlayani dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Nizar menyebut maskapai penerbangan segera mendaftarkan slot time terlebih dahulu ke pemerintah Arab Saudi. ”Makanya, nanti akan dibahas. Pasalnya, untuk mendaftarkan slot time butuh waktu,” jelasnya. (ant)

Berita Terkait

Ekonomi / Bangun Kantor Area Maskapai

Daerah / Bandara Kertajati Berangkatkan 6.007 Jamaah Haji

Daerah / Bandara Kertajati Berangkatkan 6.007 Jamaah Haji

Nusantara / Jamaah Haji Diminta Bijak Bermedsos

Daerah / Bandara Kertajati Tambah Rute Baru ke Jogjakarta

Headline / Siap Rogoh Lebih Dalam


Baca Juga !.