Politik

Saling Salah-salahan Partai Hanura tak Lolos Senayan

Redaktur: Riznal Faisal
Saling Salah-salahan Partai Hanura tak Lolos Senayan - Politik

Ketua Dewan Pembina Hanura Wiranto. Foto: IST

indopos.co.id - Wiranto angkat bicara soal dirinya disalahkan oleh Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) karena partainya tak lolos ke Senayan. Ketua Dewan Pembina Partai Hanura itu kini balik menyalahkan OSO atas kegagalan itu.

"Kalau saya didesak terus seakan-akan Pak Wiranto yang salah, ya, kesalahan saya cuma satu, yaitu menunjuk Pak OSO menjadi ketua umum," kata Wiranto di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Menko Polhukam itu justru mengaku menjadi pihak yang paling sedih atas kekalahan tersebut. "Jadi gini, itu kan saya sudah sampaikan bahwa Hanura tidak masuk melampaui parliamentary threshold 4 persen, ya kita sedih," tutur Wiranto di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Menurut Wiranto, semestinya ia selaku pendiri partai justru merupakan pihak yang paling sedih lantaran Hanura tak lolos ke DPR. Sebab, sejak 10 tahun partai ini berdiri, baru di Pemilu 2019 Hanura tak lolos DPR.

"Ya, kita sedih. Saya sebagai pendiri partai, sepuluh tahun mendirikan partai ini dan sudah dua kali lolos. Yang paling sedih kan saya sebagai pendiri," lanjut dia.

Wiranto mengaku heran dirinya dijadikan kambing hitam atas kegagalan Hanura memenuhi ambang batas parlemen. Padahal, kegagalan Hanura dinilainya merupakan tanggung jawab bersama.

Menurut Wiranto, semua pihak di internal Hanura seharusnya tidak saling menyalahkan, tapi melakukan introspeksi. "Tidak perlu saling menyalahkan. Cukup introspeksi ke depan nanti kita perbaiki," katanya.

"Saya sebagai pendiri partai, 10 tahun mendirikan partai ini dan sudah dua kali lolos. Yang paling sedih kan saya sebagai pendiri, kalau kita bicara yang paling sedih," kata Wiranto.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Hanura OSO mengakui kekalahan partainya di Pemilu 2019. Namun, Ketua DPD RI itu menyebut faktor gagalnya partai orange itu disebabkan oleh Wiranto. "Jadi, ada yang bertanya kenapa Hanura kalah? Tanya Wiranto bukan saya. Orang yang bikin kalah dia kok," kata OSO, Rabu (15/5/2019).  (yah/aen)

Baca Juga


Berita Terkait

Politik / Hanura Gagal, Mantan Kader Salahkan OSO

Politik / Curhat OSO di Acara Bukber Bersama Jokowi

Politik / Curhat OSO di Acara Bukber Bersama Jokowi

Hukum / Pakar Hukum Dukung Pembentukan Tim Hukum Nasional


Baca Juga !.