Headline

Tarif Batas Atas Sudah Turun, Penumpang Masih Sepi

Redaktur: Nurhayat
Tarif Batas Atas Sudah Turun, Penumpang Masih Sepi - Headline

Tarif Batas Atas (TBA) sudah turun, namun jumlah penumpang pesawat masih belum meningkat. Tampak kondisi terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (18/5/2019). Foto: Zainal Muttaqin/INDOPOS

indopos.co.id - Mulai hari ini  (18/5/2019) regulasi penyesuaian Tarif Batas Atas (TBA) Pesawat  berlaku efektif. TBA turun sebanyak 12 – 16 persen. Dengan begitu mahalnya tiket pesawat yang sempat dikeluhkan, sudah bisa diatasi.

Namun demikian,  hal itu masih belum berdampak pada peningkatan jumlah penumpang. Pasalnya di sejumlah terminal bandara, jumlah penumpang masih sepi.

Misalnya seperti yang tampak di Terminal 1 A Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (18/5/2019), pukul 13.00 WIB. Terminal itu tampak sepi. Bahkan sempat mengejutkan penumpang yang biasanya sering berpergian melalui terminal tersebut. Pasalnya, biasanya tidak sesepi itu.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan,  maskapai  harus mengikuti regulasi tersebut.   

Pihaknya kata dia, telah mengeluarkan Regulasi penyesuaian (TBA) melalui Keputusan Menhub No 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang ditandatangani Rabu, 15 Mei 2019.

Regulasi tersebut menggantikan Keputusan Menteri Nomor 72 TAHUN 2019  tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kebijakan tersebut dilakukan setelah pihaknya melakukan evaluasi terhadap tarif pesawat yang dirasa oleh masyarakat terlalu tinggi. Walaupun sebenarnya tarif yang dikenakan tidak melanggar TBA yang telah ditetapkan Kemenhub.

“Setelah kami lakukan evaluasi dan persuasi ternyata belum juga terjadi suatu harga yang terjangkau bagi masyarakat. Kami menerima banyak keluhan dari masyarakat, komplain dari sektor pariwisata, perhotelan dan juga terjadinya inflasi," jelas Budi Karya dalam keterangan persnya Jumat (17/5/2019).

Dia menambahkan, dengan diterapkannya regulasi ini, maskapai dapat menyesuaikan dengan TBA yang baru.  Maskapai LCC juga menyesuaikan. 

"Kami mengharapkan bahwa maskapai LCC memberikan harga-harga yang dapat dijangkau. Misalnya menjual tiket dari tarif yang 50 persen sampai 80 persen dari batas atas itu tersedia. Sehingga masyarakat itu punya pilihan," pungkasnya. (dai) 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.