Politik

Prabowo-Sandi Unggul Tipis di Sulsel

Redaktur: Nurhayat
Prabowo-Sandi Unggul Tipis di Sulsel - Politik

indopos.co.id - Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum serentak 2019 KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno unggul tipis dari pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Sulawesi Selatan.

"Penghitungan suaranya sudah selesai, dan datanya dikirim ke Jakarta untuk rekap nasional. Besok pukul 13.00 WIB kami akan bacakan di sana hasilnya. Untuk perolehan suara sudah ditetapkan," ujar Ketua KPU Sulsel Misna M Attas usia rekapitulasi di hotel Harper Makassar, Sabtu (18/5/2019) malam.

Menurut dia, mengenai mekanisme penentuan calon terpilih akan ditetapkan oleh KPU RI, namun apabila ada sanggahan terkait perolehan hasil maka diserahkan kepada Mahkamah Konstitusi (MK), namun bila tidak ada sanggahan maka akan ditetapkan calon terpilih.

Berdasarkan data hasil penghitungan suara di 24 kabupaten kota, pasangan Jokowi-Amin menang di lima kabupaten masing-masing Kabupaten Soppeng, Wajo, Bone, Tanah Toraja dan Toraja Utara.

Sementara pasangan Prabowo-Sandi menang di 19 kabupaten masing-masing Kota Makassar, Kota Palopo, Pare-pare, Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Pinrang, Enrekang, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bulukumba, Bantaeng, Sinjai, dan Selayar,

Untuk jumlah perolehan suara pasangan nomor urut 01 Jokowi-Amin mendapatkan 2.117.591 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 2.809.393 juta suara. Suara tidak 98.205 ribu suara.

Suara sah sebanyak 4.926.984 suara dengan total jumlah suara di Sulsel 5.025.189 suara. Sementara selisih perolehan suara dua pasangan capres ini yakni 691.802 ribu suara. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Sofyan Jacob Ditetapkan Tersangka

Nasional / Kivlan Zen Ajukan Penangguhan Penahanan ke Menhan

Nasional / Mabes Polri Ungkap Benda-benda Mematikan Aksi 21-22 Mei


Baca Juga !.