Daerah

Antisipasi Mahalnya Tiket Pesawat, Amankan Jalur Darat

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Antisipasi Mahalnya Tiket Pesawat, Amankan Jalur Darat - Daerah

PERSIAPAN - Pendirian posko lebaran di Riau. FOTO: IST

indopos.co.id-Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bersama unsur terkait bersiap membuka posko mudik.  Hal tersebut guna memantau aktivitas arus mudik Lebaran 2019 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.
"Kami bersama unsur terkait nantinya jelang Idul Fitri juga membuka posko di sekitar jalan-jalan lingkar," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso di Pekanbaru, Sabtu (18/5/2019).

Dia menjelaskan, nantinya dibuka sejumlah posko pelayanan yang berada di sejumlah titik di Ibu Kota Provinsi Riau ini. Posko tersebut berada di dekat Mal SKA dan Pelabuhan Sei Duku. Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru bersama tim terpadu seperti kepolisian setempat nantinya melakukan pemantauan di sejumlah titik, mengantisipasi padatnya lalu lintas di sejumlah ruas jalan dan berusaha mengurangi kemacetan.

Pasalnya ada sejumlah ruas jalan bakal padat saat arus mudik Lebaran 2019. "Jadi kami bakal mengantisipasi adanya kemacetan di titik-titik tersebut," terang Yuliarso. Kota Pekanbaru seperti pada tahun-tahun sebelumnya menjadi daerah tujuan mudik seperti dari Jambi, Sumatera Barat, dan dari Pulau Jawa.

Diperkirakan tahun ini banyak pemudik yang menggunakan jalur darat seiring masih mahalnya tiket pesawat terbang. Selain itu, pemerintah juga mengimbau pemudik untuk menaati aturan selama di perjalanan guna mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Sementara, Wakil Bupati Indragiri Hilir Syamsuddin Uti mengimbau kepada pihak terkait untuk melakukan pengawasan terhadap kapal penumpang cepat yang melebihi kapasitas angkut karena berisiko terhadap keselamatan.

"Syahbandar dan pihak terkait lainnnya agar mengawasi setiap angkutan laut di pelabuhan-pelabuhan supaya tidak ada penumpukan penumpang," ucap Syamsuddin. Pria yang akrab disapa SU itu mengatakan, jelang Hari Raya Idul Fitri , jumlah pengguna angkutan umum akan melonjak, hal itu akan berdampak pada padatnya jumlah penumpang.

Indragiri Hilir merupakan kabupaten di Riau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi. Di Kabupaten Inhil, 83 persen pengguna angkutan umum menggunakan jalur laut dan sungai untuk mudik lebaran,  kapal menjadi primadona masyarakat.(ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / Menunggu Titah Mbak Sri dari Lapangan Banteng

Headline / Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal Laut Meningkat

Megapolitan / Selama Mudik, Tercatat Belasan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas


Baca Juga !.