Lifestyle

Kubis, Sayuran Kaya Manfaat

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Kubis, Sayuran Kaya Manfaat - Lifestyle

Ilustrasi sayur kol/kubis.FOTO:IST

indopos.co.id – Belakangan ini lagu parodi dengan tema sayur kol viral di media sosial. Ternyata, kol atau kubis adalah sayuran yang sarat dengan khasiat yan gbermanfaat bagi kesehatan. Sayuran multi lapis ini adalah sumber vitamin A, B1, B2, B6, E, C, K, dan mineral seperti kalsium, zat besi, yodium, kalium, belerang, fosfor dan folat. Kubis adalah superhero di antara kategori sayuran berdaun. Anda dapat menambahkannya ke menu makanan anda dengan berbagai cara, baik itu direbus, dimasak, dikukus, ditumis, atau bahkan dijus. Sayuran ini juga memiliki banyak khasiat obat. Berikut beberapa manfaat kesehatan luar biasa dari kol yang harus anda ketahui.

 

Dapat Menurunkan Berat Badan

Sama seperti semua sayuran lainnya, kubis juga kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin. Sayuran ini juga cukup rendah kalori. Hanya dengan memakan kol, anda akan merasa kenyang dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tanpa harus khawatir akan kalori yang terkandung di dalamnya. Kubis dapat difermentasi untuk membuat Sauerkraut, makanan yang lezat dan asam, dan sangat sehat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Fermentasi dilakukan dengan bantuan bakteri yang disebut probiotik. Ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik, dibutuhkan tempat dalam sistem pencernaan kita, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh kita secara keseluruhan.

 

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Kubis kaya akan vitamin C dan sulfur. Keduanya diketahui dapat menghilangkan racun seperti radikal bebas dan asam urat dari tubuh kita. Selain itu, jus kubis mengandung antioksidan Indole 3 carbonile, yang memainkan peran penting dalam detoksifikasi hati kita. Hati memainkan peran penting dalam berbagai fungsi metabolisme tubuh seperti sintesis protein, produksi hormon, regulasi penyimpanan glikogen, dan lainnya. Menurut Dr. Komal, Ahli Gizi di Rumah Sakit Internasional SCI, Jus kubis membantu dalam meningkatkan pergerakan usus juga dan karena itu menjaga hati dalam kondisi yang baik.

 

Menjaga Gula Darah

Kubis merah kaya akan fitonutrien yang disebut betalains, yang memberi mereka warna khas. Betalain dikenal untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu produksi insulin. Kubis juga dikemas dengan antioksidan dan anti hiperglikemia yang dapat menjadikannya obat untuk diabetes. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal, makan sayur-sayuran seperti kubis, brokoli, dan bayam dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Pola makan yang kaya sayuran hijau berdaun dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes sebanyak 14 persen.

 

Membuat Kulit Sehat

Kubis ungu dan hijau kaya akan silikon dan belerang, yang dikenal sebagai mineral kecantikan. Belerang terutama ada di setiap sel karena bertanggung jawab untuk menarik nutrisi dan membuang limbah dari sel, inilah yang disebut osmosis. Untuk mendapatkan kulit jernih, anda harus memiliki osmosis yang baik. Menurut buku Healing Foods, oleh DK Publishsing, Kubis mengandung vitamin C dan K, dan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kandungan sulfurnya juga berguna untuk menyembuhkan jerawat dan eksim.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), per 100 gram kubis mengandung 0,10 gm lemak, 18 mg natrium, kalium 170 mg, karbohidrat 5,80 gm, dan protein 1,28 gm. (fay)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.