Headline

Soal Aksi 22 Mei, ICMI Jatim Angkat Bicara

Redaktur: Darul Fatah
Soal Aksi 22 Mei, ICMI Jatim Angkat Bicara - Headline

Ilustrasi Foto Dok Indopos

indopos.co.id - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indoensia Wilayah Jawa Timur menyerukan rekonsiliasi. Ditujukan kepada elit bangsa, sebelum penetapan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 22 Mei 2019.

"Melihat situasi yang terjadi di negeri ini, perlu ada cara berfikir hikmah, solutif, dan bijaksana yang mencerahkan, tanpa melibatkan kepentingan jangka pendek," kata Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) wilayah Jawa Timur Ismail Nachwu di Surabaya, Minggu (19/5/2019).

Menurut Ismail, cara berfikir hikmah ini merupakan cara berfikir cendekiawan yang perlu dikembangkan ketika konflik atau dinamika di negeri ini begitu kental akan cara berfikir politik parsial. "Kita khawatir kalau cara berfikir politik parsial ini yang mengemuka, maka konflik akan terjadi dan bisa mengancam disintegrasi bangsa. Saat ini masyarakat sudah terpecah ada blok ini dan itu, ada blok 01 dan blok 02," kata dia.

Untuk itu, perlu cara berfikir hikmah yang mencerahkan tanpa melibatkan kepentingan jangka pendek. Ia menjelaskan, cara berfikir agama itu adalah hikmah. "Kalau dalam Al Qur an surat Al Imron 159 disebutkan jika ada konflik maka perlu tabayun atau rekonsiliasi. Begitu juga bagi pihak yang menang, maka jangan menang-menangan dan bagi yang kalah jangan ngambek-ngambekan. Ayo ketemu gimana enaknya," tegas dia. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Sofyan Jacob Ditetapkan Tersangka

Nasional / Kivlan Zen Ajukan Penangguhan Penahanan ke Menhan

Nasional / Mabes Polri Ungkap Benda-benda Mematikan Aksi 21-22 Mei

Nasional / Aksi Dugaan Makar Seret Mantan Kapolda Metro

Politik / Golkar Disebut Jadi Korban Sistem Pemilu


Baca Juga !.