Raket

Piala Sudirman 2019, Indonesia Bersiap Hadapi Denmark

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Piala Sudirman 2019, Indonesia Bersiap Hadapi Denmark - Raket

indopos.co.id - Indonesia merebut kemenangan pertama atas Inggris dengan skor 4-1 di babak penyisihan grup B Piala Sudirman 2019. Lawan sepadan menanti Anthony dkk yakni, Denmark. Satu-satunya kemenangan yang lepas adalah dari sektor ganda campuran, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dikalahkan Chris Adcock/Gabrielle Adcock dengan skor 17-21, 18-21. 

Tak dapat mengantisipasi servis lawan menjadi penyebab kekalahan Praveen/Melati. Dalam pertandingan berdurasi 43 menit ini, Praveen/Melati beberapa kali kehilangan poin karena tak siap merespon servis lawan.

"Agak kagok sama Mely karena baru sekali main, baru pertandingan pertama (di turnamen ini). Tapi ini tidak bisa jadi alasan. Kami memang terpengaruh sama servis lawan dari 17-17 sampai game di game pertama tadi," ujar Praveen dalam keterangannya, Minggu (18/5/2019).

"Sebetulnya kami ingin memberi poin, tapi kami sudah maksimal dan nggak kalah yang aneh-aneh, kalau dibilang kecewa ya gimana, yang penting sudah usaha dulu," tambah Praveen. 

"Kami kurang siap di servisnya, banyak kecolongan dari servis, lawan banyak dapat poin dari situ. Yang pasti kecewa, kami ingin sumbang poin untuk Indonesia, tapi kami kecewa sama permainan kami kenapa begitu," jelas Melati. 

Praveen/Melati mengungkapkan bahwa mematangkan strategi dan pola main menjadi hal utama yang perlu mereka tingkatkan.

"Strategi dan pola mainnya lebih dimatangkan, itu yang paling penting buat kami berdua. Kami tuh mau main apa, strategi dan polanya lebih condong ke mana, seperti itu" ucap Praveen. 

Sebelumnya, Gregoria Mariska Tunjung menyumbang poin usai  menundukkan Abigail Holden, dengan skor 21-10, 21-13.

Sementara poin pertama diraih dari kemenangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang mengalahkan Marcus Ellis/Chris Langridge dengan skor 21-9, 21-18.

"Saya senang bisa menyumbang angka kedua untuk Indonesia, saya optimis tim Indonesia bisa menang dari Inggris," ujar Gregoria usai pertandingan. 

Anthony Sinisuka Ginting memastikan kemenangan tim Indonesia atas Inggris dengan skor 3-0. 

 Anthony mengalahkan Toby Penty lewat permainan straight game, 21-9, 21-12.

Poin pertama dan kedua didapat dari kemenangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. 

Sejak awal permainan, Anthony sama sekali tak memberikan kesempatan bagi lawan untuk mengembangkan permainan. Ia unggul jauh hingga 8-0 di game pertama. 

"Puji Tuhan saya bisa lewati satu match dengan baik, tidak ada kendala. Tentunya senang bisa sumbang satu poin dan menentukan kemenangan untuk Indonesia. Saya merasa mainnya enak dan performanya baik, bisa unggul jauh. Waktu mulai main bisa langsung in, lawan banyak melakukan kesalahan, tadi saya coba banyak adaptasi lapangan," jelas Anthony.

"Saya tidak menyangka menang mudah, semalam saya lihat video pertandingan dia melawan Anders Antonsen (Denmark), dia bisa main sampai rubber game. Berarti dia nggak mudah dikalahkan, saya sudah antisipasi. Waktu mulai pertandingan, saya coba unggul agak jauh skornya," kata Anthony. 

Anthony akan memanfaatkan waktu rehat dua hari sebelum laga melawan Denmark pada Rabu (22/5) mendatang. 

"Lawan Denmark nanti mau siapa pun yang diturunkan, mau saya, Jonatan (Christie) atau Vito (Shesar Hiren Rhustavito) akan dikasih tahu Selasa malam. Kalau saya diturunkan lagi, saya siap, mau lawan siapa pun, kalau sudah datang ke sini saya siap saja mau diturunkan atau tidak, tetap siap main. Tidak ada mikir diturunkan atau tidak, pokoknya malamnya berpikir, besok main, besok main," beber Anthony. 

"Kalau diturunkan, kemungkinan akan lawan (Viktor) Axelsen, pasti akan lebih berat lagi, nggak akan mudah lawan dia, mau menang atau kalah pasti tidak akan mudah, pasti match-nya ramai. Sekarang sudah selesai, ada waktu buat jaga kondisi dan jaga fokus," tutur Anthony. 

Meskipun kemenangan telah dipastikan, namun di babak penyisihan dua partai terakhir juga tetap dimainkan. Bahkan setiap partai punya peranan penting dalam penghitungan poin untuk menentukan urutan di grup. Kemenangan dengan skor sebaik mungkin adalah bekal bagi tim Indonesia. (bam) 

 

 

Ganda Putra

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Marcus Ellis/Chris Langridge 21-9, 21-18

 

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung vs Abigail Holden 21-10, 21-13

 

Tunggal Putra 

Anthony Sinisuka Ginting vs Toby Penty 21-9, 21-12

 

Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chloe Birch/Lauren Smith 21-16, 21-18

 

Ganda Campuran

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Chris Adcock/Gabrielle Adcock 17-21, 18-21

 

Baca Juga


Berita Terkait

Raket / Tunggal Putra Timnas Bulu Tangkis sedang Disorot

Total Sport / Anthony- Gloria Mengecewakan

Total Sport / Setelah Indonesia Hanya Kebagian Perunggu, Fokus Kejuaraan Dunia

Raket / Chou Tien Chen Tancap Gas, Jojo Keok

Raket / Piala Sudirman 2019, Indonesia Juara Grup B


Baca Juga !.