Megapolitan

70 TPS di Kota Bekasi Direkomendasikan Hitung Ulang

Redaktur: Syaripudin
70 TPS di Kota Bekasi Direkomendasikan Hitung Ulang - Megapolitan

Ilustrasi Foto

indopos.co.id - Sidang yang dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi, memutuskan agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bekasi Utara, melakukan hitung ulang hasil suara DPRD tingkat II di 70 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Bekasi Utara.

”Berdasarkan sidang pemeriksaan, kita mendapati fakta-fakta yang memang menguatkan dugaan pelanggaran administrasi oleh PPK Bekasi Utara,” kata Komisioner Bawaslu Kota Bekasi Divisi Pengawasan, Ali Mahyail, Minggu (19/5/2019).

Bahkan, berdasarkan bukti yang diterima pelapor soal dugaan kecurangan administrasi yang kemudian akhirnya diakui PPK. Di situ juga pihak PPK menyatakan ada kesalahan hingga membuat adanya perbedaan jumlah suara.

”Ada saksi dari PPP yang keberatan. Kesalahan itu terdapat di forum C1 yang salah tulis oleh KPPS. Dan itu merupakan fakta persidangan. Kemudian ada juga penghitungan suara tidak beres di beberapa TPS dan kelalaian itu sudah diakui PPK Bekasi Utara," papar Ali.

Oleh karenanya, amar putusan yang dibacakan Ali dalam persidangan menyatakan PPK mesti melakukan penghitungan suara ulang untuk suara DPRD Kota Bekasi di 70 TPS. Awalnya jumlah TPS yang dilaporkan pelapor sebanyak 85 TPS.

”Kita memintakan PPK Bekasi Utara untuk memperbaikinya dan melakukan penghitungan ulang di 70 TPS di Bekasi Utara," paparnya. Ali juga mengaku, pemungutan suara ulang di 70 TPS bisa dilakukan sebelum pleno KPU RI.

Sehingga rekomendasi itu bisa dilaksanakan oleh KPU Kota Bekasi. ”Rekomendasi kami masih di koordinasikan oleh KPU Kota Bekasi dengan Jawa Barat,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Bekasi bidang data Pedro Purnama Kalangi mengatakan, sudah menerima salinan surat keputusan Bawaslu Kota Bekasi. Saat ini pihaknya sudah menindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

”Sudah kita tindak lanjuti temuan itu. Tapi kewenangan ada di Mahkamah Konstitusi (MK),” tandasnya. (dny)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.