Daerah

Warga Tambal Jalur Mudik Berlubang. Pemerintah Sibuk Apa?

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Warga Tambal Jalur Mudik Berlubang. Pemerintah Sibuk Apa? - Daerah

KESADARAN-Seorang warga berinisiatif memperbaiki Jalan Jamin Ginting yang berlubang di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.FOTO:ANTARA

indopos.co.id - Jalan Jamin Ginting  dalam kondisi rusak parah. Jalan yang menghubungkan Kota Medan menuju Aceh melalui Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, khususnya pada Km10 dan membuat warga sekitar berswadaya memperbaikinya.

Seorang warga yang tinggal di sekitar jalan tersebut, Joni Tarigan,  mengatakan, masyarakat khawatir melihat kondisi tersebut dan berupaya berswadaya menambal lubang jalan menggunakan kerikil dan pasir.

"Untuk membantu para pengendara yang harus melalui jalan tersebut, kami  bantu aspal dari luar, pasir, batu, kerikil. Kondisi jalannya rusak, kalau tidak diperbaiki, pengendara yang melintas bisa jatuh. Ini sudah sebulan begini, jadi pakai kerikil tambalnya," katanya (20/5/2019).

Sejumlah ruas jalan arteri seperti di jalan Jamin Ginting kilometer 10 yang sudah termasuk wilayah Kabupaten Deliserdang memang terlihat berlubang-lubang dan  menghambat arus lalu lintas. Di pinggir jalan terlihat dua unit alat berat yang biasa digunakan untuk mengaspal jalan, hanya terparkir tanpa ada petugas yang mengoperasikan. "Kalau sekarang ini yang kita khawatirkan juga longsor. Ini adalah arus lalu lintas utama menuju Berastagi. Arus mudik pada H -3 itu biasanya sudah mulai padat," kata petugas Dishub Deliserdang Ismail Tanjung mengakui.

Sekitar 10 kilometer dari lokasi, kondisi serupa juga terlihat di sebuah tikungan jalan yang masuk di wilayah Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deliserdang. Jalur melalui Kabupaten Deliserdang dan Berastagi dari Kota Medan, merupakan jalur utama yang kerap dipakai oleh pemudik menuju Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara sepanjang 207 kilometer yang melewati daerah perkotaan, pedesaan dan perbukitan.(ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Arus Balik, 42.727 Orang Lewati Terminal Kalideres

Nasional / Program Motis KA Rencana akan Tambah Kuota

Daerah / Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu-sabu di Sumut

Nasional / Pengamat Sebut Mudik 2019 Lebih Baik

Nasional / Pengamat Sebut Mudik 2019 Lebih Baik

Headline / Tiket Pesawat Mahal, Penumpang Kapal Laut Meningkat


Baca Juga !.