Nasional

Catat, Pemerintah akan Berikan Pelayanan Terbaik untuk Mudik Lebaran

Redaktur: Ali Rahman
Catat, Pemerintah akan Berikan Pelayanan Terbaik untuk Mudik Lebaran - Nasional

Diskusi Mudik Aman dan Lancar di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (20/5/2019). Foto: Deri Ahirianto/INDOPOS

indopos.co.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan bekerja optimal supaya mudik berjalan aman dan lancar. Hal itu sebagaimana keinginan Presiden Joko Widodo untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik.

"Kami bersama-sama dengan Polri dengan Kementerian ESDM dan Kementerian PUPR bekerjasama terhadap apa yang ada dan bagaimana kita mendayagunakan fasilitas yang ada. Kami akan memberikan pelayanan terbaik. Apalagi sudah banyak infrastruktur yang dapat digunakan," ujar Budi Karya, saat diskusi Mudik Aman dan Lancar di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Adapun sarana infrastruktur yang mendukung kelancaran mudik, diantaranya Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera. Pihaknya kata dia, memastikan bahwa sarana serta prasarana yang ada untuk mudik lebaran tahun ini diharapkan dapat membantu para pemudik.

"Kami juga telah melakukan koordinasi ke beberapa daerah yang jadi destinasi mudik. Seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Kita bicara dengan Kakorlantas buat satu arah. Satu arah ini sangat signifikan karena ada satu arus yang meningkat dua kali lipat dan ada volume yang lebih banyak," beber Budi Karya.

Namun dengan diberlakukan satu arah pasti ada kecenderungan untuk membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi. Pihaknya kata dia, mengimbau pemudik jangan memacu kendaraan kencang-kencang.

Selain itu, Kemenhub juga sudah meminta eluruh pemerintah daerah (pemda) melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap seluruh angkutan mudik Lebaran 2019.

Hingga saat ini, sudah 70 persen bus di seluruh Indonesia menjalani ramp check. Selain untuk angkutan bus, angkutan udara atau pesawat juga dilakukan ramp check. Termasuk juga pengecekan kelaiklautan kapal penumpang. (dai)

Baca Juga


Berita Terkait

Ekonomi / BNI Fasilitasi PMI Mudik dari 5 Negara

Headline / BMKG Minta Pemudik Waspada Potensi Cuaca Buruk

Nasional / Kemenhub Berangkatkan Pemudik Sepeda Motor Gratis ke Semarang

Nasional / 600 Pemudik Diberangkatkan Secara Gratis


Baca Juga !.