Kesra

Inilah Manfaat NIK pada Data Kemahasiswaan

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Inilah Manfaat NIK pada Data Kemahasiswaan - Kesra

MENINGKAT- Jumpa pers di Kampus UT Jakarta.FOTO:IST

indopos.co.id – Universitas Terbuka (UT) memanfaatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai data mahasiswa, dosen, dan civitas akademika. Rektor UT Ojat Darojat mengatakan, selama 35 tahun UT terus meningkatkan layanan bagi mahasiswa, khususnya dalam proses pembelajarannya.

”Dulu kita belajar jarak jauh secara tradisional, dengan berkirim melalui pos. Kini kami sudah kembangkan melalui online,” ujar Ojat Darojat di Kampus UT, Senin (20/5/2019). Dengan sistem pembelajaran jarak jauh, menurut Ojat pertemuan mahasiswa dengan dosen cukup minim. Sehingga sangat penting untuk memanfaatkan data NIK dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

“NIK kami gunakan untuk misalnya verifikasi data penerima beasiswa bidikmisi,” katanya. Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan UT Aminudin Zuhairi menambahkan, pemanfaatan data NIK bertujuan untuk menghindari adanya data palsu.

“NIK bisa untuk apa saja, misalnya data kemahasiswaan. Calon mahasiswa bisa kita cek juga dari NIK, apakah benar atau tidak?” katanya. Aminudin menyebutkan, beberapa perguruan tinggi telah memanfaatkan data menggunakan NIK. Salah satunya di Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Mustopo.

Di tempat yang sama, Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri Gunawan menuturkan, NIK membantu perguruan tinggi dalam melakukan verifikasi terbuka.

Setidaknya, kampus bisa memverifikasi calon mahasiswa baru, dengan menelusuri NIK calon mahasiswa bersangkutan. “Atau kalau UT-nya  mengeluarkan ijazah, jadi bisa diketahui siapa yang berhak atas ijazah itu merupakan pemilik NIK,” ujarnya.(mdo/nas)

Baca Juga


Berita Terkait

Politik / Mahasiswa Bahas Kondisi Bangsa

Megapolitan / Tiga Mahasiswa Indonesia Curi Perhatian dunia

Daerah / Siswa Gunakan NIK dalam PPDB 2019

Nasional / Mahasiswa Sasaran Kartel Ribuan Pil Ekstasi


Baca Juga !.