Politik

AMMI Minta Pihak yang Belum Menang Pilpres untuk Legowo

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
AMMI Minta Pihak yang Belum Menang Pilpres untuk Legowo - Politik

SOLID-Aliansi Mahasiswa dan Milenial untuk Indonesia demo di Tugu Proklamasi menyambut penetapan Rekapitulasi Pilpres KPU dan meminta agar semua pihak patuhi konstitusi.FOTO:IST

indopos.co.id - Aliansi Mahasiswa dan Milenial untuk Indonesia (AMMI) menilai dinamika politik bangsa Indonesia pasca-Pemilu Presiden semakin menunjukan ketidakdewasaan dalam teladan berpolitik. Hal ini diperlihatkan oleh salah satu pasangan calon presiden yang tidak bisa menerima hasil pilihan rakyat Indonesia yang secara luber dan jurdil telah memilih pemimpinya. Sedangkan KPU pun telah menetapkan Hasil Rekapitulasi Nasional bahwa Jokowi dan KH Maruf Amin sebagai Presiden dan Capres terpilih.

"Berangkat dari keprihatinan dan kesadaran yang tinggi sebagai generasi penerusf bangsa yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan NKRI, kami Aliansi Mahasiswa dan Milenial untuk Indonesia (AMMI) yang terdiri dari aktivis mahasiswa dari kampus se Jabodetabek, organisasi kemahasiswaan, serta Milenial Muslim Bersatu , menyatakan sikap," kata Koordinator AMMI, Khairul Anam dalam aksi yang digelar di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Menurutnya, KPU sudah menyelesaikan perhitunganya dan mentetapkan hasil rekapitulasinya, Maka, AMMI mengucapkan selamat, kepada Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wapres terpilih, dan mengapresiasi kinerja KPU. ”Meminta pihak yang belum memenangkan pilpres, untuk legowo, merajut kembali persatuan Indonesia," lanjut Anam.

Dikatakan, AMMI memberikan dukungan penuh dan apresiasi kepada KPU yang telah menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya untuk menuntaskan hasil Pemilihan Presiden masa jabatan 2019 - 2024 hingga pengesahan rekapitulasi nasional yang paripurna. KPU diminta untuk tetap bekerja sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, tidak gentar atas tekanan dan ancaman dari pihak-pihak yang mendelegitimasi tupoksi KPU dan atau pihak-pihak memprovokasi untuk tidak menerima hasi Pilpres 2019.

"Kami akan mengawal terus proses perhitungan suara hingga rakyat mendapatkan hasil Pilpres.yang sah dan sesuai dengan sistematika pemilu yang jujur dan adil, tanpa intimidasi dari pihak manapun," kata Anam. AMMI mempercayai sepenuhnya hasil Pilpres adalah sah, legitimatif dan memiliki kekuatan hukum yang tetap, berdasarkan proses demokrasi yang benar dan berkualitas.”Kami juga menolak segala sikap provokatif dan menjatuhkan yang ditunjukan oleh salah satu pasangan calon presiden dan pendukungnya,” kata Anam.

Dalam aksi tersebut, AMMI mengajak pihak yang menang dan kalah dalam kontestasi Pilpres menunjukkan kedewasaan sikap politik, legowo dan menjadi teladan persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia. AMMI juga menolak tegas rencana people power yang sekarang dibungkus dengan gerakan kedaulatan rakyat. Karena sejatinya pilihan rakyat di tempat pemungutan suara (TPS) merupakan bentuk kedaulatan rakyat bukan di jalanan. Apapun alasannya aksi di jalanan merupakan Aksi melecehksn konstitusi dan melecehkan kehendak mayoritas rakyat

”Kami menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk kembali bersatu dalam rajutan Bhinneka Tunggal Ika, menjaga kedamaian Indonesia untuk warisan masa depan anak cucu kita,” kata Anam. Menurutnya, AMMI menolak people power demi kedamaian bangsa dan menghimbau pihak yang tidak menerima untuk menempuh jalur MK yaitu sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Peserta aksi Aliansi Mahasiswa Dan Milenial Indonesia (AMMI) terdiri dari para aktivis IPPNU, DEMA UIN Jakarta, HMI Komisariat Universitas Pamulang, BEM UNUSIA, HMI UIN Jakarta, Universitas Islam Jakarta (UIJ), Universitas Borobudur, STEBANG, Universits Assafiiyah, Universitas Tantular, Universitas Azzahra, Universitas Budi Kemuliaan, Unsyah, YAI, Yarsi, BSI, Milenial Muslim Bersatu.(mdo)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Proyek Fiktif, Bendahara KPU Bogor Ditahan

Nusantara / Anggaran Pilkada Surabaya 2020 Rp 85 Miliar

Ekonomi / Stabilitas Harga Pangan Redam Gejolak Politik

Politik / Menanti Sikap MK, KPU Bela Ma’ruf Amin


Baca Juga !.