Politik

Presiden Tiongkok Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Presiden Tiongkok Ucapkan Selamat untuk Jokowi - Politik

AKRAP-Presiden Joko Widodo ketika bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping.FOTO:IST

indopos.co.id - Presiden Tiongkok Xi Jinping mengirimkan pesan berisi ucapan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden RI.

"Atas kemenangan Jokowi, Presiden Xi Jinping telah mengirimkan ucapan selamat kepada beliau," demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Selasa malam (21/5/2019). Hal tersebut berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pemilu Presiden 2019.

Pihaknya menilai bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia akan mencapai prestasi yang lebih besar dalam mempertahankan stabilitas nasional. Pemerintah Tiongkok menganggap penting kemitraannya dengan Indonesia yang sudah terjalin sampai saat ini.

Xi juga menganggap bahwa kemitraan Tiongkok dengan Indonesia dalam kerangka kerja sama Sabuk Jalan (Belt and Road) di segala bidang telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa. "Dan kami akan terus bekerja sama dengan Indonesia untuk meningkatkan kemitraan strategis komperehensif guna memberikan manfaat bagi rakyat di kedua negara," demikian Xi sebagaimana disampaikan pihak Kemenlu Tiongkok.

Sementara itu, kemenangan pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden yang diusung oleh PDIP, Golkar, PKB, Nasdem, PPP, PSI, Perindo, PKPI, Hanura, dan PBB itu menghiasi sejumlah media di Tiongkok, baik yang berbahasa Inggris maupun Mandarin.

Kandidat petahana Jokowi kembali memenangi pemilu dengan perolehan 55,5 persen suara sekaligus mengalahkan rival beratnya Prabowo Subianto yang mantan jenderal militer yang hanya meraih 44,5 persen suara sebagaiamana diumumkan KPU RI, demikian teras berita sejumlah media utama di Tiongkok.

Selain mengutip pernyataan Ketua KPU Arief Budiman, media-media tersebut juga menurunkan foto-foto pasangan Jokowi-Ma'ruf dalam berbagai kesempatan bersama.(ant) 

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Warga Pamekasan Deklarasi Tolak Kerusuhan

Politik / Menanti Sikap MK, KPU Bela Ma’ruf Amin

Politik / Fadli Zon Dukung Pembentukan Pansus Kerusuhan Mei

Hukum / 67 Pelaku Kerusuhan 22 Mei Masih Anak-Anak


Baca Juga !.