Lifestyle

Manfaat Klorofil untuk Kesehatan

Redaktur: Ali Rahman
Manfaat Klorofil untuk Kesehatan - Lifestyle

klorofil untuk kesehatan.

indopos.co.id - Anda mungkin ingat klorofil dari kelas biologi ketika sekolah. Ya, itu adalah pigmen yang sama yang kita semua pelajari dan yang membuat tanaman tampak hijau dan membantu mereka memperoleh energi dari sinar matahari. Ketika kami mempelajari klorofil dan fungsinya bertahun-tahun yang lalu, kami tidak tahu bahwa akan tiba saatnya orang akan mengkonsumsinya, karena banyak manfaat kesehatan yang dipuji.

Secara teknis, kita semua makan klorofil setiap kali kita makan buah dan sayuran utuh. Tetapi saat ini, klorofil juga dijual dalam bentuk suplemen yang dapat dikonsumsi untuk menuai manfaatnya bagi kulit dan tubuh. Air klorofil adalah minuman baru yang banyak dijual di seluruh dunia. Minuman ini disiapkan dengan memasukkan suplemen klorofil dalam air. Air klorofil dikatakan kaya akan zat gizi mikro dan antioksidan.

Dilansir NDTV, minum air klorofil adalah tren kesehatan yang sepertinya akan terus ada. Berikut adalah beberapa manfaat yang konon dimiliki oleh air klorofil:

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Klorofil dikatakan bagus untuk kulit. Ini dapat mengurangi peradangan dan dikatakan memiliki sifat anti bakteri. Klorofil juga dapat membantu melawan jerawat, ketika digunakan pada daerah yang berjerawat.

2. Meningkatkan Kualitas Sel Darah Merah

Konsumsi air klorofil diyakini dapat meningkatkan kualitas sel darah merah dalam tubuh. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa wheatgrass, yang terdiri dari 70 persen klorofil, mengurangi jumlah transfusi darah yang dibutuhkan oleh pasien thalassemia.

3. Membantu Detoksifikasi

Air klorofil, atau klorofil cair, dikatakan memiliki kemampuan untuk mengikat dan menghilangkan racun dan bahkan logam berat dari tubuh. Ia juga dipercaya dapat meningkatkan alkalinitas tubuh karena adanya magnesium di dalamnya.

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Sebuah studi tahun 2014, yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, mengatakan bahwa konsumsi klorofil menghasilkan penurunan berat badan yang lebih besar, dalam kurun waktu 12 minggu. Meminum air klorofil juga diyakini mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi junk food dan menurunkan kadar kolesterol jahat, atau Low Density Lipoprotein, dari darah. Manfaat penurunan berat badan air klorofil didukung oleh sebuah studi tahun 2013, yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, yang menghubungkan minuman ini dengan rasa kenyang.

5. Efek Terhadap Tumor

Konsumsi air klorofil bahkan dikaitkan dengan pengurangan risiko tumor. Sebuah studi khusus pada hewan menemukan bahwa konsumsi klorofil terkait dengan rendahnya kasus kanker hati. Buku Klorofil dan Bakterioklorofil: Biokimia, Biofisika, Fungsi dan Aplikasi mengklaim bahwa klorofil cair berkaitan dengan molekul karsinogenik yang diproduksi dalam tubuh dan membantu menghilangkannya dalam bentuk feses.

Air klorofil mungkin telah menjadi populer sebagai minuman kesehatan, tetapi beberapa ahli kesehatan mengklaim bahwa anda tidak perlu mengonsumsi minuman itu untuk mendapatkan semua manfaat klorofil. Anda dapat memakan lebih banyak sayuran hijau dan buah-buahan dan sayuran hijau dalam menu anda, untuk menuai manfaat klorofil. (fay)

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Obat Umum Berisiko Peningkatan Penurunan Fungsi Otak bagi Lansia

Lifestyle / Mitos, Makan Diselingi Minum Bakal Ganggu Kesehatan

Banten Raya / Dua Persen Warga Kabupaten Tangerang Menderita Diabetes

Lifestyle / Jarang yang Tahu, Ini Waktu Tepat Jogging di Jakarta


Baca Juga !.