Banten Raya

BPN Banten Gagas PPAT Award

Redaktur: Syaripudin
BPN Banten Gagas PPAT Award - Banten Raya

PENGHARGAAN-Kepala Kantor Wilayah BPN Banten Andi Tenri Abeng bersama jajarannya menghadiri buka puasa bersama di BPN Kabupaten Lebak, Rabu (22/5/2019).Foto: Yasril Chaniago/INDOPOS

indopos.co.id - Guna meningkatkan profesionalitas dan pelayanan pertanahan oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) di Provinsi Banten, Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Banten menggagas pemberian PPAT Award. Termasuk memberikan penilaian buruk kepada petugas akta tanaah yang berkinerja kurang baik.

”Intinya kita memberikan reward and punishment kepada PPAT agar mereka meningkatkan profesionalitas, kinerja dan pelayanan pertanahan kepada masyarakat,” terang Kepala Kanwil BPN Banten Andi Tenri Abeng saat buka puasa bersama PPAT, unsur muspida, tokoh masyarakat dan anak yatim di kantor Pertanahan Kabupaten Lebak, Rabu (22/5/2019).

Menurutnya juga, pemberian reward ini guna memotivasi PPAT dalam meningkatkan pelayanan dan pelaporan, karena  PPAT bertanggung jawab secara pribadi atas pelaksanaan tugas dan jabatannya dalam setiap pembuatan akta tanah.

”Parameter pemberian penganugerahan PPAT Award ini kami minta masukan dari rekan IPPAT atau Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah dan MP2D (Mejelis Pengawas dan Pembina PPAT Daerah) yang diketuai oleh kepala kantor Pertanahan kota dan kabupaten,” tutur Abeng didampingi Kabid Hubungan Hukum Pertanahan (HHP) Kanwil BPN Banten, Nugraha.

”Penilaian untuk PPAT Award akan kami lakukan pada triwulan  ketiga dari bulan Juli hingga Oktober,” kata Abeng lagi usai memberikan santunan kepada puluhah anak yatim di Kabupaten Lebak.

Sedangkan Ketua IPPAT Kabupaten Lebak Jhon Heri Azmi menyambut gembira rencana pemberian PPAT Award yang digagas Kakanwil BPN Banten. Nantinya, dengan award ini para PPAT dapat lebih bersinergis dengan BPN sebagai mitra kerja dalam memberikan pelayanan adminstrasi pertanahan kepada masyarakat.

”Kami mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Kakanwil BPN Banten yang akan menyelenggarakan PPAT Award,” tegas Jhon. Dia memaparkan, selama memimpin BPN Banten, Andi Tenri Abeng banyak melakukan terobosan guna memudahkan pelayanan kepada PPAT.

Diantaranya, transparansi biaya, ketepatan dan kecepatan waktu pelayanan. ”Gebrakan dan terbosan yang dilakukan Kakanwil BPN Banten saat ini membuat pelayanan di kantor Pertanahan Lebak jauh lebih baik dari tahun tahun sebelumya,” cetusnya.

Senada diungkapkan Alkadri, Asda I Pemkab Lebak yang mengatakan saat ini pelayanan dan sinergi antara BPN dengan pemerintah daerah jauh lebih baik. Sinergi ini memudahkan pemerintah daerah membantu BPN dalam pengadaan tanah untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kabupaten Lebak.

Seperti pengadaan tanah untuk tol Serang-Penimbang (Serpan) dan Waduk Karian, termasuk sosialisasi program PTSL (Pendaftaran  Tanah Sistematis Lengkap) dan Redistribusi tanah.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak Ady Muctadi mengatakan PPAT memiliki peranan yang sangat strategis dalam penyelesaian administrasi pertanahan, di mana PPAT adalah pejabat umum yang diberikan kewenangan untuk membuat akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau hak milik.

Karena itu, Ady berharap dengan kewenangan yang diberikan kepada PPAT bisa memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat dengan profesionalitas dan prinsip kehatian-hatian.  ”Kami berharap jangan sampai ada PPAT di Lebak melaksanakan profesinya justru melanggar hukum,” tukas Ady. (yas)

 

 

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Ramadan, Pegawai BPN Banten Diminta Terus Semangat

Megapolitan / Percepat Penyelesaian PTSL, BPN Banten Luncurkan Aplikasi Smart

Banten Raya / BPN Kabupaten Tangerang Percepat Sertifikasi Tanah Wakaf

Megapolitan / Kanwil BPN Banten Rekrut Ratusan Petugas Ukur

Banten Raya / BPN Banten Terapkan Reward Punishment

Banten Raya / BPN Banten Targetkan 400 Ribu PTSL 2018


Baca Juga !.