Megapolitan

Pastikan Stok Bahan Pokok hingga Lebaran, Pemprov DKI Sidak di Pasar Ujung Menteng

Redaktur:
Pastikan Stok Bahan Pokok hingga Lebaran, Pemprov DKI Sidak di Pasar Ujung Menteng - Megapolitan

HATI-HATI - Pekerja melakukan pengepakan beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, beberapa waktu lalu. Masih ada kekhawatiran kenaikan harga sejumlah pasokan bahan pokok. Foto: Risyal Hidayat/ANTARA

indopos.co.id – Untuk memastikan stok bahan pokok aman hingga Lebaran, Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur melakukan sidak di Pasar Ujung Menteng.

Pasalnya, menurut Wakil Walikota Jakarta Timur Uus Kuswanto, sejumlah harga bahan pokok masih ditemukan tinggi. Harga bahan pokok tersebut, di antaranya daging sapi dan harga bawang putih. ”Kita tadi fokus harga bahan pokok, dan sayuran. Selain itu kita juga cek penggunaan bahan-bahan berbahaya pada makanan khususnya takjil,” ujar Uus Kuswanto di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Uus menuturkan, untuk harga beberapa bahan pokok yang masih cenderung tinggi di antara daging ayam. Untuk satu kilogram (kg) daging ayam sebesar Rp 30 ribu. Sementara harga daging sapi Rp 80 ribu per kg. ”Yang masih menonjol kemarin harga bawang putih. Tapi, alhamdulillah hari ini harganya sudah turun menjadi Rp 80 ribu per kg untuk bawang putih kemasan. Untuk yang curah harganya Rp 60 ribu per kg,” bebernya.

Untuk harga cabe keriting, masih ujar Uus sudah relatif normal. Harga per kg mencapai Rp 30 ribu. Hal ini dipengaruhi oleh pasokan cabai rawit yang aman. ”Untuk keluarga yang tidak mampu bisa membeli paket bahan pokok dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Dengan R p120 ribu, penerima manfaat KJP bisa mendapatkan bermacam kebutuhan seperti beras, telor, ikan dan bahan pokok lainnya,” ungkapnya.

Dia memastikan, stok dan pasokan kebutuhan bahan pokok untuk DKI hingga Lebaran nanti relatif aman. Pada kesempatan yang sama Uus juga mengungkapkan, tidak menemukan bahan-bahan berbahaya pada makanan. Apabila, menemukan itu pihaknya akan melakukan penindakan. “Kita bersama Dinas Kesehatan juga melakukan laboratorium (lab) untuk makanan-makanan di Pasar Ujung Menteng,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada seluruh masyarakat DKI agar tidak khawatir dan takut terjadi kelangkaan bahan pokok, karena sudah dipastikan stok dan harganya aman. Kenaikan harga bawang putih di pasar, menurutnya karena langkanya stok bawang putih. ”Kita sudah stok bawang putih di food station, harganya juga terjangkau. Kita akan datangkan lagi stok bawang putih, agar harga semakin stabil,” ujarnya. (nas)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Garansi Harga Sembako Stabil

Megapolitan / Harga Bahan Pokok Mulai Meroket

Megapolitan / Jelang Ramadan, Harga Sembako Merangkak

Megapolitan / Jelang Natal, Harga Sembako Merangkak

Jakarta Raya / Diperkenalkan ke Warga Rusunawa

Jakarta Raya / Ribuan HPR Bebas Rabies


Baca Juga !.