Feature

Mengenal Masjid Az-Zikra, Tempat Ustaz Arifin Ilham Memimpin Zikir

Redaktur: Nurhayat
Mengenal Masjid Az-Zikra, Tempat Ustaz Arifin Ilham Memimpin Zikir - Feature

Masjid Az-Zikra, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Masjid Az-Zikra tak bisa dilepaskan dari sosok Ustaz Arifin Ilham. Di Masjid Az-Zikra ini lah Ustaz Arifin Ilham kerap memimpin zikir akbar. 

Berada di kawasan Bukit Az Zikra Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Masjid Az-Zikra berdiri di atas lahan seluas 12.600 meter persegi dan dibangun pada 2009.

Dikutip dari berbagai sumber, masjid ini awalnya bernama Masjid Muammar Qaddafy. Di tahun 2011 berganti nama menjadi Masjid Az-Zikra. 

Memiliki menara setinggi 57 meter untuk menyanding tiga lantai bangunan utama, arsitektur bangunan masjid memadukan karakter universal arsitektur islam dengan ciri arsitektur lokal tropis.

 
Ada makna simbolis keislaman yang tersimpan dari bangunan masjid tersebut. Seperti tujuh lapis lantainya merujuk kepada tujuh sunah harian yang utama dijalankan oleh para pecinta zikir.

Ukuran dasar 3,3 meter merujuk kepada ekspresi zikir yang berjumlah 33 kali bacaan tasbih, tahmid dan takbir.

Selanjutnya, jarak baris antara shaf salat sekitar 1,1 meter sebagai kelipatan terkecil dari 3,3 meter.

Tak hanya itu, warna dinding yang didominasi putih juga melambangkan jiwa yang bersih serta sekaligus merujuk pada penampilan pimpinan Pondok Pesantren Az-Zikra yakni Ustad Muhammad Arifin Ilham yang kerap kali berpakaian serba putih saat memimpin zikir akbar.

Di bagian depan masjid, terdapat payung seperti yang ada di Masjid Nabawi untuk melindungi para jamaah dari terik panas saat di dalam masjid sudah terisi penuh.

Zikir akbar rutin digelar di Masjid Az-Zikra pada minggu pertama setiap bulan. Jamaah Az-Zikra di atas 20 ribu orang dari seluruh Indonesia. (*)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Jenazah Ustaz Arifin Ilham Tiba di Gunung Sindur

Headline / Ustaz Arifin Ilham Sudah Siapkan Kain Kafan

Headline / Ustaz Arifin Ilham Disalatkan di Penang

Megapolitan / Ustaz Arifin Ilham Lalui Masa Kritis


Baca Juga !.