Megapolitan

ASN Bogor Masih Menunggu THR

Redaktur: Syaripudin
ASN Bogor Masih Menunggu THR - Megapolitan

BERSERAGAM - Aparatur Sipil Negara (ASN) siap-siap terima THR jelang Idul Fitri. Foto: Sofiansyah/Radar Bogor/INDOPOS GROUP

indopos.co.id - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih harus menahan hasrat belanja menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Pasalnya tunjangan hari raya (THR) untuk mereka tampaknya masih belum cair di pekan ke-tiga Ramadan ini.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengaku, hingga kini Pemkab Bogor juga masih menunggu revisi regulasi dari Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Dia menyebut, saat ini belum ada surat edaran lanjutan.

"Terutama untuk masalah THR dan gaji ke-13 untuk ASN ini. Jadi kami mengikuti saja arahan dan instruksi dari pemerintah pusat,” bebernya, Rabu (22/5/2019).

Soal nominal Iwan mengaku, Pemkab belum mendapat jumlah yang pasti. Tahun lalu, Pemkab Bogor menggelontorkan anggaran THR dan tunjangan lainnya sebesar Rp 85 miliar untuk jumlah ASN sebanyak 18 ribu orang.

Terkait surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan bernomor 903/3387/SJ, tentang Pemberian Tunjangan Hari dan Gaji Ketiga Belas yang Bersumber dari APBD tertanggal 30 Mei 2018, dia mengatakan, sudah jelas termaktub bagi daerah yang belum menyediakan atau tidak cukup anggaran untuk THR dan Gaji 13 dalam APBD 2018, agar melakukan pergeseran dari belanja tidak terduga atau penjadwalan ulang kegiatan. Sedangkan bagi daerah yang sudah menyediakan anggaran agar melakukan perubahan penjabaran APBD tahun anggaran 2018.

“Tinggal bagaimana aturan arahan dari pusat. Tidak bisa kami keluarkan kalau belum ada arahan. Tapi itu pasti keluar, hanya masalah waktu saja dan jangan buru-buru diganjal dari Pemda. Nanti malah nanti jadi temuan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono mengatakan, ASN akan menerima THR pada 24 Mei. Selanjutnya, PNS juga akan menerima gaji ke-13 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Gaji ke-13 kan diberikan nanti menjelang tahun ajaran baru, jadi apa itu. Iya (Juli) itu,” kata dia. (dka/c)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Mendagri: ASN Bolos Kena Skorsing, Dipotong Tunjangan

Nasional / Mendagri Pimpin Langsung Upacara Pemakaman Hari Sabarno

Lifestyle / THR, Begini Asal Usulnya

Megapolitan / Cairkan Rp 52 Miliar untuk 12.759 ASN

Daerah / Pencairan THR Tidak Boleh Telat


Baca Juga !.