Lifestyle

Bersihkan Lidah Secara Teratur untuk Mulut yang Lebih Sehat

Redaktur: Ali Rahman
Bersihkan Lidah Secara Teratur untuk Mulut yang Lebih Sehat - Lifestyle

Foto : Ilustrasi

indopos.co.id - Membersihkan lidah telah banyak dilakukan di wilayah Timur selama ratusan tahun. Studi menunjukkan bahwa membersihkan lidah anda secara teratur dapat mengurangi bakteri mulut yang tidak diinginkan dan dapat menyebabkan bau mulut, lidah berlapis, penumpukan plak, dan kondisi kesehatan mulut lainnya.

Dilansir Healthline, beberapa penelitian mengatakan pengikis lidah adalah alat yang paling efektif untuk digunakan. Namun, anda juga bisa menggunakan sikat gigi dan obat kumur untuk membersihkan lidah anda. Berikut beberapa manfaat membersihkan lidah anda.

Mengurangi senyawa sulfur yang menyebabkan bau mulut
Sebuah studi tahun 2004 dalam Journal of Periodontology menyimpulkan bahwa menggunakan pengikis lidah membantu mengurangi senyawa sulfur yang mudah menguap dan menyebabkan bau mulut. Pengikis lidah menghilangkan 75 persen senyawa ini dan sikat gigi menghilangkan 45 persen senyawa ini.

Mengurangi bakteri di lidah
Sebuah studi tahun 2014 di BMC Oral Health menemukan bahwa membersihkan lidah dapat mengurangi bakteri pada lidah, tetapi itu hanya pada tingkatan rendah jika anda membersihkan lidah secara teratur. Artikel itu menyimpulkan bahwa anda harus menyikat gigi dan membersihkan lidah secara teratur untuk kesehatan mulut yang baik.

Membuat mulut lebih segar

The American Dental Association mengungkapkan bahwa membersihkan lidah dengan berkurangnya bau mulut mungkin tidak berhubungan, tetapi mereka menyimpulkan bahwa membersihkan lidah anda dapat membuat mulut terasa lebih segar yang mungkin anda nikmati.

Mengurangi plak

Sebuah studi tahun 2013 tantang plak pada anak-anak di International Journal of Clinical Pediatric Dentistry menemukan bahwa membersihkan lidah secara teratur dengan sikat gigi atau pengikis lidah dapat mengurangi jumlah plak.

Dapat mengubah persepsi rasa

Membersihkan lidah dapat mengubah persepsi rasa anda, terutama sukrosa dan asam sitrat, menurut sebuah penelitian. (fay)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.