Ekonomi

Hino Siapkan Posko Mudik untuk Kemudahan dan Keamanan Perjalanan Selama Lebaran

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Hino Siapkan Posko Mudik untuk Kemudahan dan Keamanan Perjalanan Selama Lebaran - Ekonomi

PERSIAPAN - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyiapkan posko layanan untuk membantu kelancaran arus mudik 2019. FOTO: IST

indopos.co.id - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyiapkan posko layanan untuk membantu kelancaran arus mudik 2019. Hino menyiapkan layanan khusus untuk para pelanggan khususnya Perusahaan Otobus atau PO bus yang melayani penumpang yang hendak pulang menuju kampung halaman.

Bus-bus ini pastinya akan melakukan perjalanan panjang mudik Lebaran ke berbagai kota di Indonesia untuk itu Hino siaga mendirikan Posko Mudik dan Bengkel Siaga. Dimulai dari 31 Mei sampai dengan 9 Juni 2019, Hino posko mudik akan terdapat di 12 lokasi yang tersebar di pulau Sumatera dan Jawa.

Untuk jalur Sumatera akan ada di Medan, Palembang, Lampung, Merak. Sementara untuk jalur utara Jawa akan berada di Cipali, Cirebon, Batang, Waleri, dan jalur selatan Jawa akan berada di Nagrek, Kebumen, dan Ngawi. Hino posko mudik memiliki beberapa fasilitas untuk kemudahan dan keamanan para pengendara bus Hino. Seperti konsultasi dan pemeriksaan gratis bagi armada bus Hino serta servis darurat jika ada bus yang mengalami kendala di jalan. Selain itu Hino Posko Mudik dilengkapi juga dengan mobil servis untuk menjangkau area servis yang sulit sekalipun atau terdapat darurat kerusakan di jalan.

”Hino memiliki filosofi Total Support di mana salah satunya ialah customer first yaitu memberikan pelayanan terbaik di setiap momen penting customer kami. Di mana Posko siaga mudik yang kami hadirkan ini siap melayani berbagai kebutuhan konsumen agar bisa menikmati perjalanan mudiknya dengan aman, nyaman, bersama Hino,” ungkap Presiden Direktur HMSI Hiroo Kayanoki.

Tidak hanya lokasi posko mudik, Hino turut juga memberikan Lebaran Service Campaign bagi customer setianya. Dalam promo lebaran               campaign ini customer Hino dapat beragam fasilitas menarik seperti diskon suku cadang sampai dengan 44 persen, gratis untuk konsultasi, pengecekan dan rekomendasi servis delapan item. Selain itu Hino juga memberikan beberapa paket servis dengan harga yang spesial bagi customer setianya selama periode lebaran ini, paket spesial ini antara lain paket servis berkala untuk Hino Dutro dan Hino Ranger serta paket servis rem untuk Hino Ranger dan juga Hino Bus. Promo ini berlaku selama bulan Mei sampai dengan bulan Juli.

Hino Bekerja Sama Denzan Kementrian Perhubungan untuk Keselamatan Berkendara

Sebelum Posko Mudik didirikan Hino sudah terlebih dahulu melaksanakan kampanye keselamatan berkendara yang bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan. Pada 17 dan 18 Mei 2019 kampanye ini dilakukan pada dua titik yaitu di rest area KM 102 Cipali dan rest area tol Tanggerang Merak KM 13.5 A. Dalam kegiatan ini Hino melakukan pergantian bohlam atau lampu rem gratis pada truk yang mengalami kendala pada lampu mereka. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan. Kegiatan ini akan rutin dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan dukungan Hino kepada pemerintah untuk aktif menggiatkan keselamatan di jalan.

Hino Bus, 110 SDBL

Dalam menunjang kebutuhan transportasi dalam lebaran, saat ini PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memiliki bus dengan manuver lincah dan mampu menjangkau tempat yang memiilki jalan akses yang sempit dengan nyaman. Hino Bus 110 SDBL kini hadir dengan bodi yang jumbo untuk menambah kenyamanan bagi penumpang karena jarak antar tempat duduk dapat diatur lebih luas sehingga penumpang tidak mudah lelah selama perjalanan. Dengan dimensi rangka lebih panjang membuat kapasitas penumpang menjadi lebih banyak hingga dapat diaplikasikan hingga 19 tempat duduk.

Selain itu dengan rangkanya yang panjang membuat karoseri seperti Adiputro atau lainnya dapat mendesain bodi bus dengan bagasi yang lebih luas dan ini menjadi solusi terbaik untuk transportasi terutama untuk travel atau pariwisata dalam mengangkut barang barang penumpang yang banyak. Menggunakan mesin W040-TP, Microbus 110 SDBL dilengkapi juga dengan stabilizer depan yang membuat kendaraan lebih stabil saat bermanuver sehingga menambah kenyamanan saat di kendarai. Selain itu pada sisi ban untuk model 110 SDBL juga sudah menggunakan ban radial dengan spesifikasi terbaru yang cocok dalam menunjang operasional bisnis angkutan dan menjadi pilihan utama pelanggan.

Microbus 110 SDBL ini nantinya akan turut dipamerkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan digelar pada 18 28 Juli 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD CITY. Dalam gelaran ini Hino akan membawa unit unit andalannya seperti simbol dari Quality, Durability dan Reliability (QDR) Hino Truk Dakar Rally yang terus menjadi juara dalam 10 tahun terakhir ini di kelas under 10 litre. Selain itu Hino turut juga membawa kendaraan ramah lingkungan yang sesuai dengan misi Hino untuk menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik dengan membantu kelancaran transportasi yang aman, ekonomis dan tetap bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

Penjualan Hino Januari . April 2019, Hino Terus Jadi Market Leader Selama 19 Tahun terakhir Dengan Market Share Hino 62.46 persen.  

Tahun 2019 yang merupakan tahun politik turut berdampak pada pasar kendaraan komersial. Tercatat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) selama periode Januari April 2019 untuk pasar kendaraan komersial tercatat 30.855 unit atau turun 16 persen jika dibanding periode yang sama tahun Ialu. Dimana penurunan ini banyak pengusaha yang masih “wait and see” untuk investasi di bisnis mereka sampai tahapan atau penetapan pemilu berakhir. Sementara itu, Hino sendiri selama periode Januari April 2019 ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 10.528 unit, yang terdiri dari heavy duty truck 42 unit, medium duty truck 6.077, dan light duty truck 4.409 unit.

Hasil ini cukup baik dimana market share Hino tetap terjaga di kondisi pasar yang menurun. Hino Ranger terus menguasai pasar dengan market share 62.46 persen dan terus menjadi raja atau market leader dalam 19 tahun terakhir ini, sekaligus ini membuktikan kepercayaan customer kepada truk Hino, sementara itu untuk light duty truck, Hino berhasil menguasai pasar 21 persen dan terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Beberapa model yang menyumbang kontribusi terbesar bagi penjualan Hino selama periode ini adalah segmen kargo truk 6x2 Hino Ranger FL 2351W yang berkontribusl 27 persen atau terjual 1.661 unit dan juga di segmen konstruksi dan penambangan truk 6x4, Hino Ranger FM 260 JD sebanyak 27 persen atau 1.616 sementara di kelas truk ringan, Hino Dutro 130 HD menjadi yang paling dominan dilepas kepasaran dengan kontribusl 61 persen atau 2.709 unit, truk lincah yang banyak digunakan di segmen konstruksi, perkebunan dan galian pasir ini menjadi plihan utama bagi pengusaha yang bergerak dibidang tersebut.

Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo, mengatakan best fit product bagi customer menjadi kunci dalam memberikan pelayanan terbaik bagi customer. ”Untuk itu kami terus semaksimal mungkin memberikan nilai Iebih bagi customer sehingga produk kami terus dipercaya sebagai rekan bisnis mereka,” ujarnya. (mdo)

Baca Juga


Berita Terkait

Ekonomi / BNI Fasilitasi PMI Mudik dari 5 Negara

Headline / BMKG Minta Pemudik Waspada Potensi Cuaca Buruk

Nasional / Kemenhub Berangkatkan Pemudik Sepeda Motor Gratis ke Semarang

Nasional / 600 Pemudik Diberangkatkan Secara Gratis


Baca Juga !.