Megapolitan

Fasilitas yang Rusak Segera Diperbaiki

Redaktur:
Fasilitas yang Rusak Segera Diperbaiki - Megapolitan

BERSIH-BERSIH - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan masker kepada petugas orange saat melakukan pembersihan kawasan Thamrin, Kamis (23/5/2019). Foto: Toni Suhartono/INDOPOS

indopos.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan kondisi tempat kericuhan aksi 22 Mei segera bersih kembali. Anies yang tiba di kawasan Thamrin sekitar pukul 13.00 itu sempat meninjau pos polisi Thamrin yang rusak, memimpin apel PPSU, dan menyiram jalanan yang kotor akibat kericuhan.

”Kita ingin seluruh kawasan kita bersih kembali agar masyarakat bisa melihat Jakarta seperti sedia kala," kata Anies saat meninjau lokasi bekas kericuhan di sekitar Jalan Thamrin, Kamis (23/5/2019).

Selanjutnya, Anies menjelaskan kerusakan fasilitas umum akibat kericuhan juga akan segera diperbaiki. Namun saat ini fasilitas-fasilitas rusak tersebut masih dalam proses identifikasi dan pihaknya belum bisa memastikan berapa kerugian yang diakibatkan. ”Kita harap fasilitas yang rusak di jalan bisa segera diidentifikasi. Harapannya sore ini (kemarin, Red) sudah selesai,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Anies juga menggarisbawahi kondisi Jakarta saat ini yang relatif stabil sehingga masyarakat tidak perlu merasa takut untuk melakukan kegiatan seperti biasanya. ”Demo dan bentrokan hanya terjadi di Tanah Abang, Slipi, dan Thamrin. Di luar kawasan itu, Jakarta aman dan damai,” tuturnya.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini mengatakan setelah aksi 21-22 Mei 2019, berbeda dengan peristiwa tahun 1998 lalu. ”Apa yang terjadi di tahun 98 seluruh wilayah di Jakarta terjadi kerusuhan, di berbagai tempat ada toko-toko, mal-mal ada penjarahan di berbagai tempat, itu kemarin tidak terjadi,” ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa aksi 21-22 Mei hanya demonstrasi dan bentrokan di kawasan Tanah Abang sampai Slipi, dan di kawasan Jalan Thamrin, jadi secara umum Jakarta kondisinya tenang dan stabil.

Dia tegaskan bahwa Jakarta adalah ibu kota bagi semua, karena itu warga Jakarta maupun luar Jakarta bisa beraktivitas di sini. Tetapi Jakarta bukan tempat bagi perusuh. ”Kita akan sambut mereka yang datang ke Jakarta berkegiatan di Jakarta, kita fasilitasi tapi kalau mau membuat kerusuhan, anda akan berhadapan dengan kami semua dan tidak mentolerir,” tegas dia.

Dia berpesan kepada mereka yang datang bila membuat kerusuhan, Anies katakan bahwa Jakarta akan siap untuk mencegah dan bertindak tegas untuk semua kerusuhan di sini. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / 11 Juli Jabatan Sekda DKI Selesai, Pengamat: Segera Bentuk Pansel

Megapolitan / IMB Reklamasi, Melihat Aktivitas Pulau D di Teluk Jakarta

Megapolitan / Ditinggal Mudik, Penataan Kawasan Kemang Molor

Megapolitan / Penghapusan Operasi Yustisi Kependudukan di DKI Diapresiasi

Megapolitan / Kualitas Udara di Jakarta Buruk karena Polusi Kendaraan Bermotor


Baca Juga !.