Headline

Permohonan Pengajuan Gugatan Pilpres Tanpa Sosok Prabowo-Sandi

Redaktur: Juni Armanto
Permohonan Pengajuan Gugatan Pilpres Tanpa Sosok Prabowo-Sandi - Headline

JALUR HUKUM-Ketua Tim Hukum BPN 02 Bambang Widjojanto (dua kiri) bersama Penanggung Jawab Tim Hukum Hashim Djojohadikusumo (tiga kiri) dan Anggota Tim Hukum Denny Indrayana (kiri) melakukan pendaftaran gugatan Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (24/5).

indopos.co.id - Tim Hukum Prabowo Subianto – Sandiago Uno resmi mengajukan permohonan pengajuan gugatan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (24/5/2019) malam. Pendaftaran gugatan dilakukan tanpa didampingi Prabowo dan Sandi.

"Yang menyampaikan gugatan ke MK hanya tim hukum dipimpin Hashim (Hashim Djojohadikusumo, Red) sebagai penanggung jawab dan Bambang Widjojanto sebagai ketua Tim Hukum," kata Andre Rosiade, juru bicara (jubir) BPN Prabowo-Sandi di Jakarta, kemarin.      

Dia menambahkan, anggota Tim Hukum yang akan mengajukan gugatan Pilpres sebanyak delapan orang antara lain mantan Komisioner KPK Bambang Widjojanto, mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, Teuku Nasrulah, Luthfi Yazid, Iwan Satriawan, Iskandar Sonhadji, Dorel Aimir, dan Zulfadli.

Selain itu, dalam daftar tim hukum itu tidak ada nama advokat senior Otto Hasibuan dan pakar hukum tata negara Irman Putra Sidin. Dalam keterangan tertulis, kemarin, Otto Hasibuan mengaku tidak bergabung dalam tim kuasa hukum Prabowo -Sandi. "Saya pastikan tidak ikut dalam sengketa Pilpres," ujar dia.

Meski demikian, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia periode 2005-2015 itu tidak menjelaskan lebih lanjut terkait alasannya tidak bergabung dalam tim kuasa hukum pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02 itu.

"Saya tidak menjelaskan alasan kenapa tidak menjadi kuasa hukum Prabowo-Sandi," tandasnya.

Lantas kemana Prabowo? Andre menjelaskan, tadi malam (25/5/2019) Prabowo bersilaturahmi ke kediaman almarhum Ustaz Arifin Ilham di kawasan Sentul, Bogor. Dari pantauan di lapangan, Prabowo dan rombongan meninggalkan kediamannya di Jalan Kertanegara IV, sekitar pukul 21.23 WIB.

Berdasarkan informasi, Prabowo langsung menuju kediaman almarhum Ustaz Arifin Ilham di Sentul, Bogor. Pengasuh Pondok Pesantren Az-Zikra, Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu (22/5) malam di RS Kanker Penang Malaysia, saat sedang menjalani perawatan.

Di lain pihak, Cawapres Sandiaga mengatakan, pihaknya secara resmi mengajukan gugatan dugaan kecurangan Pilpres 2019 ke MK sebagai bentuk keprihatinan pelaksanaan Pemilu yang belum berjalan jujur dan adil. "Ajuan gugatan ke MK sebagai bentuk tuntutan masyarakat Indonesia atas keprihatinan pelaksanaan Pemilu, karena sangat sulit dikatakan Pemilu 2019 berjalan jujur dan adil," katanya dalam konferensi pres di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, kemarin.

Sandiaga mengatakan, BPN Prabowo-Sandi mendapatkan laporan dari anggota dan masyarakat yang melihat serta mengalami ketidakadilan dalam pelaksanaan pemilu. Masyarakat Indonesia mengambil peran yang sangat hebat dalam Pemilu 2019, yaitu dengan melakukan partisipasi dan pengawasan jalannya pesta demokrasi lima tahunan tersebut. "Masyarakat mengambil peran dalam tentukan nasib bangsa, rakyat Indonesia ingin perbaiki kesejahteraan yang saat ini semakin sulit," ujarnya.

Sandiaga menjelaskan, Prabowo-Sandi menilai perlu ada evaluasi mendalam dalam aspek pelaksanaan pemilu antara lain aspek manajerial, pengelolaan data dan berbagai hal lain agar Pemilu berjalan jurdil.

Menurut dia, proses perbaikan dalam pelaksanaan pemilu harus mutlak dilakukan agar berbagai bentuk kecurangan dan pelanggaran tidak mencederai pelaksanaan Pemilu. "Ini kesempatan rakyat untuk tentukan nasibnya, dengan kedaulatannya menentukan pilihannya, yang harus dijamin dalam proses Pemilu yang jurdil," ujarnya.

Sandiaga mengatakan, dia dan Prabowo telah menunjuk Hashim Djojohadikusumo sebagai penanggung jawab untuk gugatan Pemilu 2019 ke MK. ”Prabowo dan saya menunjuk penanggung jawab untuk gugatan ke MK akan dikomandoi Hashim Djojohadikusumo," katanya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Capres Prabowo sangat santai saat membahas materi gugatan Pilpres 2019 di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, kemarin. "Tadi Prabowo santai, (materi gugatan, Red) sudah fix dan bulat," katanya.

Muzani menambahkan, dalam pembahasan gugatan yang akan disampaikan ke MK, tidak ada perbedaan pendapat yang keras. Semua berjalan dengan lancar, namun dirinya tidak bisa menjelaskan secara rinci materi gugatan yang akan disampaikan ke MK. "Biar Tim Hukum yang akan menjelaskan kepada masyarakat," ujarnya. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Vonis MK, Tidak Perlu Lah ke Jakarta

Nasional / PA 212 Janji Aksi secara Damai

Headline / Besok, Polisi Larang Aksi di Depan Gedung MK

Headline / TKN Kritik Aksi Damai Rencana Aksi Damai Jelang Putusan MK

Politik / Kapolri Tegaskan Larang Aksi Unjuk Rasa di MK


Baca Juga !.