Nasional

Awal 2020 Tapera Baru Berfungsi Penuh

Redaktur: Novita Amelilawaty
Awal 2020 Tapera Baru Berfungsi Penuh - Nasional

Ilustrasi rumah sederhana. DOK INDOPOS

indopos.co.id - Badan Pengelola Tapera atau dikenal Tabungan Perumahan Rakyat akan berfungsi penuh awal 2020. Tapera merupakan penyimpanan periodik dalam jangka waktu tertentu yang hanya dapat dimanfaatkan untuk pembiayaan perumahan dan atau dikembalikan berikut hasil pemupukannya setelah kepesertaan berakhir. 
Tujuannya menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau bagi peserta. 

Untuk tahap awal kepesertaan Tapera adalah aparatur sipil negara (ASN) yang sebelumnya menjadi anggota Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) yang telah dibubarkan pada 24 Maret 2018 sesuai amanat UU Tapera.

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto mengatakan, pihaknya akan langsung mempersiapkan pondasi organisasi yang efisien dan produktif termasuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar bisa menjalankan program pemerintah di bidang perumahan.

Selain itu, pihaknya akan menyiapkan rencana strategis untuk lima tahun ke depan dengan persetujuan Komite Tapera. Ia berpendapat, ekspektasi masyarakat untuk memiliki rumah tinggi sekali karena tingkat backlog (kekurangan pasokan hunian) rumah yang tinggi.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki mengatakan, untuk tahap awal, dana yang dikelola BP Tapera berasal dari keanggotaan PNS, TNI, dan Polri yang sebelumnya dikelola oleh Bapertarum dan Asabri.

"Hal ini bertujuan agar BP Tapera bisa membangun kredibilitas organisasi terlebih dahulu bagaimana mengelola uang dalam jumlah besar, baru nanti tabungan dari masyarakat yang lebih luas," kata dia.

Melalui BP Tapera, PNS dapat menerima manfaat untuk pembiayaan pemilikan rumah, pembangunan rumah atau perbaikan rumah. Sementara bagi PNS yang sudah pensiun, pengembalian uang tabungannya tetap berjalan bekerja sama dengan PT Taspen dan BRI.

Menyambut baik Tapera, manajemen bank BTN optimistis dapat menjadi mitra utama BP Tapera. “Kesiapan kami didukung pengalaman menjadi pemimpin pasar Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi,” kata Direktur Utama BTN, Maryono di Jakarta, Minggu (26/5/2019). Dia menyebutkan perseroan dan BP Tapera memiliki visi yang sejalan. Keduanya, lanjut Maryono, merupakan agen pemerintah yang disiapkan untuk mendukung program pemerintah. “Kami berupaya merampungkan aksi akuisisi perusahaan manajer investasi dan meracik skema pembiayaan perumahan yang baru guna menjangkau semakin banyak masyarakat memiliki rumah,” tuturnya. (vit)

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.