Bola Dunia

Ernesto Valverde Masih Selamat di Barca

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Ernesto Valverde Masih Selamat di Barca - Bola Dunia

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde menyampaikan kepada bek Barcelona Clement Lenglet pada akhir tahun 2019 Copa del Rey Spanyol. Foto: Jose Jordan / AFP

indopos.co.id - Tahun ini Ernesto Valverde, Niko Kovac, dan Thomas Tuchel mengalami nasib yang sama. Sama-sama naas.  Ketiga pelatih ini terancam ditendang dari klubnya karena gagal memenuhi ekspektasi di akhir musim. Tapi Minggu WIB (26/5/2019) baik Valverde, Kovac maupun Tuchel mendapatkan kesempatan kesempatan kedua.

Ya, sementara posisi mereka di kursi pelatih masih aman, terutama Valverde yang setelah gagal menjawab ekspektasi treble winners plus dominasi ajang domestik musim ini. Txingurri, alias Si Semut (julukan Valverde) cuma menyudahi musim keduanya di Barcelona dengan satu trofi juara La Liga.

Menebus treble winners dengan menjuarai Copa del Rey pun habis di Benito Villamarin, Sevilla. Di final, Lionel Messi dkk dipecundangi Valencia dengan skor 1-2. Gol Messi di menit ke-73 gagal menutupi kemasukan dua gol dari Kevin Gameiro (menit ke-21) dan Rodrigo (33'). ''Sebulan lalu kami merayakan gelar juara La Liga. Masih ada peluang treble. Kami mengawali ekspektasi tinggi tapi tak mampu menyudahinya,'' sesal Valverde, dikutip Sport.

Sebelum gagal di Copa del Rey, skuad berjuluk La Blaugrana itu gagal memenangi Liga Champions setelah disingkirkan Liverpool di semifinal. ''Kami sedih tapi kami lebih baik dapat mencapai babak ini tapi kalah, ketimbang tersingkir dari perempat final,'' kelit entrenador yang masih menyisakan kontrak semusim bersama Barca itu.

Presiden Barca Josep Bartomeu pun sudah memberi garansi bagi mantan pelatih Athletic Bilbao itu. ''Dia masih punya kontrak dan dia pelatih kami. Bukan saatnya membahas itu (masa depan Valverde). Tetapi, kami sudah membahas rencana musim depan,'' tutur Bartomeu, seperti dikutip Football Espana.

Dia tak menyalahkan Valverde di balik kegagalan kemarin. ''Saya katakan bahwa musim ini sangat bagus, meski tidak ekselen. Kami kalah di dua laga kunci, di Spanyol dan di Anfield, dan itu menentukan hilangnya dua gelar incaran kami,'' lanjut Bartomeu. ''Kami ingin dia masih di sini,'' sambung bek senior Barca, Gerard Pique, dikutip AS.

Sama seperti yang dialami Valverde bersama Barca, Thomas Tuchel juga gagal memberi  treble bagi Paris Saint-Germain (PSG), meski itu di ajang domestik.  Pada musim ini trofi juara Ligue 1 satu-satunya yang diberikan Tuchel bagi Les Parisien, julukan PSG. Sempat dirumorkan akan dipecat, kemarin Tuchel mendapat perpanjangan durasi kontrak. Tuchel mendapat ekstensi kontrak semusim sampai musim panas 2021. ''Saya ucapkan terima kasih kepada bos (Nasser Al-Khelaifi) dan seluruh elemen di klub yang mempercayakan tugas ini kepada saya dan staf saya,'' kata Tuchel dalam situs resmi klub.

Pelatih 45 tahun itu juga ingin menebus kegagalannya musim ini pada musim depan. ''Pada musim depan, saya yakin kesuksesan bakal datang ke klub kami,'' koar mantan pelatih Borussia  Dortmund itu. Andai tetap berjalan, maka durasi kontrak Tuchel akan sama dengan yang dilalui Kovac.

Bedanya dengan Valverde dan Tuchel, Kovac bisa menjawab keraguan publik Bavaria di musim ini. Bayern Muenchen mampu merajai dua ajang domestik, Bundesliga dan DFB-Pokal. Dalam final di Olympiastadion Berlin, Bayern menghantam RB Leipzig dengan tiga gol. Brace (dua gol) Robert Lewandowski (29', 85') dan satu gol Kingsley Coman (78').

Kovac juga jadi pelatih pertama yang back to back memenangi DFB-Pokal. Pada musim lalu, dia membawa Eintracht Frankfurt mengalahkan Bayern di final. ''Tentu, Niko tetap pelatih kami. Itu (mengganti pelatih) takkan pernah jadi subyek diskusi, kami tak pernah meragukan di  balik kapabilitasnya,'' papar CEO Bayern Karl-Heinz Rummennigge. (koc)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Antoine Griezmann Tak Sabar Merumput Lagi

Bola Dunia / Barcelona Pulangkan Cucurella

Bola Dunia / Bartomeu Masih Dukung Valverde Lanjut

Bola Dunia / Efek Gaji Tinggi Paksa Barcelona Cuci Gudang

Bola Dunia / Barcelona Harus Rasakan Magis Anfield


Baca Juga !.